Muflihun Masih Rahasiakan Hasil Evaluasi PTP Pemko Pekanbaru, Ada Apa?

Muflihun-apel-goro.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, sudah menerima hasil evaluasi terhadap 22 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Senin, 3 Oktober 2022.

Tim Panitia Seleksi (Pansel) dalam evaluasi telah menyerahkan langsung hasil evaluasi. Namun hingga kini, Muflihun belum kunjung mengumumkan hasil evaluasi pejabat tinggi pratama (PTP) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru tersebut. 

"Jadi pansel sudah menyerahkan hasil evaluasi terhadap para pejabat yang ikut evaluasi kemarin," jelasnya, Selasa 4 Oktober 2022.

Muflihun menegaskan, dirinya belum berencana mengumumkan hasil evaluasi yang diterima dari pansel. Ia menyebut bahwa hari ini tim pansel hanya menyerahkan hasil evaluasi pejabat.

Mantan Sekretaris DPRD Provinsi Riau ini beralasan hasil evaluasi nantinya bakal dilaporkan kembali Kementrian Dalam Negeri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Ia juga belum memastikan kapan bakal mengumumkan hasil evaluasi tersebut.


"Jadi pansel hanya menyerahkan hasil evaluasi saja, tidak ada diumumkan," tukasnya.

Muflihun menegaskan bahwa dirinya tidak bakal melakukan intervensi terhadap hasil evaluasi. Ia menyebut bahwa evaluasi ini bukan untuk membuang pejabat atau non job pejabat.

Menurutnya, tujuan evaluasi untuk meningkatkan kinerja pejabat agar lebih baik sehingga bisa tanggap terhadap permasalahan kota. Evaluasi tidak cuma untuk melihat kinerja tapi juga untuk menentukan penempatan pejabat sesuai dengan kemampuannya.

Dirinya menyebut bahwa para pejabat sudah mengikut tahapan evaluasi. Ia menilai proses evaluasi terhadap para pejabat di pemerintahan adalah hal biasa bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Muflihun sendiri sebagai ASN juga pernah menjalani evaluasi kinerja. Ia menilai bila nilai evaluasi pejabat tersebut baik tentu tidak masalah.