BPS Riau Sebut Penurunan Harga Cabai Picu Deflasi di Riau

Cabai-merah-di-pasar.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Penurunan harga komoditas cabai merah dan bawang mendorong terjadinya deflasi pada indeks harga konsumen di Provinsi Riau selama Agustus 2022.

 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi mencatat gabungan 3 kota di Provinsi Riau mengalami deflasi 1,23 persen diantaranya, Kota Pekanbaru sebesar 1,24 persen, Kota Dumai sebesar 1,05 persen dan Kota Tembilahan sebesar 1,56 persen. Dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 111,97.

 

"Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya dua 

indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 4,22 persen dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen," kata Kepala BPS Riau, Misfaruddin, Kamis 1 September 2022. 

 

Diungkapkannya, selain cabai dan bawang, komoditas yang memberikan andil penurunan harga pada Agustus 2022, antara lain minyak goreng, daging ayam ras, tomat, dll.

 

"Sementara komoditas yang memberikan andil kenaikan harga yakni tarif listrik, rokok kretek filter, bensin, mobil, jeruk, ikan nila, mie, dll," tuturnya. 


 

Dijelaskannya, dari 24 kota di Sumatera yang menghitung IHK, semua kota mengalami deflasi, dengan deflasi tertinggi terjadi di Kota Tanjung Pandan sebesar 1,65 persen, diikuti oleh Kota Tembilahan sebesar 1,56 persen dan Kota Bungo sebesar 1,44 persen. 

 

"Sedangkan deflasi terendah terjadi di Kota Sibolga sebesar 0,02 persen," pungkasnya. 

 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Taufiq OH menyebut harga cabai di Provinsi Riau hingga saat ini. mulai berangsur turun.

 

 

 

"Sekarang di Agustus akhir ini sudah cenderung menurun. Juli lalu itu masih Rp 120 ribu, dan Rp 100 ribu. Itu turun terus tu. Terakhir kemarin sampai harga di Rp 50 ribu," ujarnya, Selasa 30 Agustus 2022.

 

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya juga terus melakukan upaya untuk penstabilan harga yang terbaik untuk Riau.