Di Riau, Menparekraf Sandiaga Uno Berbagi Strategi Kembangkan Usaha ke Para Pelaku UMKM

Menparekraf-Sandiaga.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dalam kunjungannya ke Bumi Lancang Kuning membagikan strategi pengembangan usaha bagi para pelaku ekonomi kreatif di Riau.

Sandiaga berharap warga Riau mampu menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat UMKM serta kreativitas masyarakat dalam mewujudkannya.

"Strateginya itu ada tiga, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Atau dengan konsep tiga G. G pertama adalah Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi online)," ujar Sandiaga, Minggu, 21 Agustus 2022.

Menurut putra daerah asal Rumbai, Pekanbaru ini, rumusan untuk menghadapi inflasi dan kenaikan harga bahan pokok, yaitu melakukan antisipasi dengan tiga hal.

"Pertama be a cost leader, yaitu pelaku usaha harus mampu mengelola dan menghitung biaya bahan baku produksi, kedua, buka jejaring silaturahim atau be a networking leader," sebut Sandi.

Tujuannya, kata Sandi, agar mendapat alternatif bahan-bahan pokok, biaya produksi yang lebih terjangkau.


"Terakhir be a financial leader. Kita harus kuat. Keuangan kita harus kuat. Caranya bagaimana? bergandengan tangan," beber Sandi.

Potensi subsektor kriya dan keindahan alam yang menjadi daya pikat Riau lainnya, menurut Sandi, yakni kerajinan rotan, kain songket, dan tanjak yang menjadi unggulan produk-produk ekonomi kreatif.

 

 

”Yang paling menarik kemarin waktu saya ke Siak, ada wisata dan sejarah. Kalau kita lihat, yang merupakan salah satu daya tarik utama Riau ini adalah wisata alam. Gambutnya kedua terbesar di dunia setelah Brazil. Berarti ini sebuah ekosistem yang akan membantu kita melawan carbon emition," ungkap Sandiaga.

Di akhir penyampaiannya, Sandi mengatakan akan mempertemukan pelaku UMKM dengan pengusaha untuk saling mendukung di program Kata Kreatif.

"Saya akan minta dari dinas-dinas lokal, siapa nih pengusaha yang perlu kita undang supaya business matching. Me-matching-kan antara pengusaha-pengusaha yang sudah sukses dengan yang akan sukses," ujarnya.

"Kita harus bangun ekosistem ekonomi kreatifnya juga. Dan saya lihat tadi produk-produknya luar biasa. Kita harapkan antusiasme ini bisa menjadi momentum untuk kebangkitan Kota Pekan Baru. Terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja. Saatnya juga ekonomi kreatif kita menjadi lokomotif penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini," tutup Sandiaga.