Peringati HUT ke-77 RI, Ponpes Madani Bengkalis Gelar Upacara Serta Ziarah Makam Pahlawan

Ponpes-Madani-ziarah-makam.jpg
(Istimewa)


RIAU ONLINE, BENGKALIS - Pondok Pesantren Madani, Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau, menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Upacara dipimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Madani, Kiayi Suyendri, Rabu, 17 Agustus 2022, di halaman pondok pesantren dan diikuti para pengajar dan seratusan santi serta santriwati pondok pesantren tersebut.

Menariknya, usai upacara para santri dituntun berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Satria Bengkalis, Jalan Pramuka, Bengkalis.

Hal berbeda yang dilakukan pondok pesantren tersebut, membuat para santri semakin bahagia bersemangat dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia serta memberi kesan tersendiri bagi para santri.

Nur Alya Annisa, misalnya. Santriwati Pondok Pesantren Madani ini mengaku bahagia dan senang dapat mengikuti ziarah ke makam pahlawan.


"Alhamdulillah, kami semua santri merasa senang ziarah makom, terharu dan bangga karena bisa memasuki dan ziarah di makam para pahlawan yang rela mempertaruhkan nyawa harta dan tahta demi kemerdekaan anak cucunya, Insya Allah, kami makin semangat belajar di pesantren dan cinta tanah air, "kata Nur Alya Annisa sembari mengaku telah hampir 2,5 tahun mondok di Pesantren Madani.

Terpisah, Pimpinan Pondok Pesantren Madani, Kiayi Suyendri, menyampaikan bahwa dalam memperingati sempena HUT RI ke 77, keluarga besar Pesantren Madani, telah melaksanakan giat upacara bendera.

"Dilanjutkan dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan dengan berjalan kaki sepanjang 3 km, sebanyak 120 yang ikut ditambah para ustad, dan ustadzah, " katanya.

Giat ziarah ini, tambahnya. Pembelajaran kepada santri untuk mengenang dan mengingat jasa para pahlawan, menghidupkan nilai - nilai nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air kepada para santri pesantren Madani

"Allhamdulillah, secara keseluruhanya perayaan HUT RI ke 77 di Pesantren Madani, berjalan khidmat dan lancar, dilanjutkan giat tahun ini dengan berziarah ini memberikan ghiroh kepada para santri untuk meningkatkan semangat nasionalisme, belajar tidak menyerah dan patuh kepada orang tua, " pungkasnya.