Pencari Kerja di Pekanbaru Capai Ribuan, Disnaker: Loker Hanya Ratusan

Lowongan-kerja.jpg


RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mendata ada sebanyak 4.149 orang para pencari kerja yang terdaftar di dinas. Namun lowongan pekerjaan (loker) yang tersedia di Kota Pekanbaru tidak mampu menampung pencari kerja.

Total lowongan pekerjaan yang tersedia hanya 413 lowongan. Disnaker Kota Pekanbaru tidak menampik, bahwa jumlah lowongan yang tersedia hanya sekitar 10 persen dari total pencari kerja yang ada.

Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, menyebut bahwa sesuai data dinas, memang jumlah pencari kerja yang terdaftar mencapai ribuan orang. Tak sebanding dengan lowongan yang tersedia sejumlah ratusan.

"Kita lihat dari data pencari kerja capai ribuan, tapi lowongan kerja hanya ratusan," jelasnya, Kamis 18 Agustus 2022.

 


 

Dirinya menjelaskan bahwa para pencari kerja yang terdaftar kebanyakan lulusan S1. Jumlah pencari kerja yang terdata berstatus sarjana mencapai 2.116 orang. Kemudian terbanyak kedua para pencari kerja merupakan lulusan SLTA.

Jumlah mereka mencapai 1.726 orang. Sayangnya, dari data Disnaker lowongan yang tersedia kebanyakan bagi lulusan SLTA. Jumlahnya mencapai 279 lowongan kerja.

Jamal mengaku dari ratusan lowongan kerja yang sedia sebagian besar sudah terisi. Ia mengungkapkan, dari 413 lowongan yang sudah terisi 360 lowongan.

Dirinya menyampaikan, pencari kerja yang terdata di Disnaker nantinya bakal terhubung dengan penyedia kerja. Pihak dinas menghubungkan keduanya agar pencari kerja bisa mendapat pekerjaan sesuai dengan kualifikasi dari penyedia kerja.