Makin Mendunia, Google Doodle Tampilkan Tradisi Pacu Jalur Pada HUT ke-77 RI

Google-Doodle-Pacu-Jalur.jpg
(Google)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau patut berbangga. Pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) Google menampilkan ilustrasi Pacu Jalur yang merupakan tradisi dan budaya masyarakat Kabupaten Kuansing.

Tradisi yang sudah satu abad lebih dipertahankan ini kini makin mendunia. Tampilan gambar pacu jalur pada google doodle ini sontak membanjiri pemberitaan pada media nasional di Indonesia.

Tampilan pada laman google doodle ini memperlihatkan lima orang tengah mendayung dan pada bagian depan menggambarkan anak kecil yang juga sering disebut anak coki tengah menari-nari menggunakan pakaian adat daerah.

Menurut keterangan google di laman resminya, ilustrasi tersebut adalah Pacu Jalur atau balap perahu yang merupakan salah satu tradisi unik paling populer yang digelar masyarakat di Hari Kemerdekaan RI.


Pacu Jalur memang digelar setiap tahunnya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Kini Pacu Jalur sudah berusia satu abad lebih. Tradisi tersebut masih terus dipertahankan.

Tradisi Pacu Jalur hanya ada di Kabupaten Kuansing. Jalur sendiri merupakan sebuah sampan panjang dengan panjang mencapai 30-33 meter. Satu buah jalur bisa menampung 45-60 atlet. Jalur atau sampan panjang ini lalu diperlombakan setiap tahunnya. Jalur atau sampan panjang ini juga terbuat dari satu batang kayu yang dibentuk menyerupai sampan.

Saat ini Pacu Jalur sudah menjadi event Budaya dan masuk kelender Pariwisata Nasional. Tahun ini Festival Pacu Jalur untuk event Nasional bakal digelar 21-25 Agustus di Tepian Narosa Teluk Kuantan atau ibukota Kabupaten Kuantan Singingi.

Sebelum digelar pada event Nasional, Pacu Jalur juga diperlombakan pada tingkat Rayon yang kini disebut event Kebudayaan. Pacu Jalur event Kebudayaan ditingkat Kecamatan sudah selesai dilaksanakan.

Pacu Jalur Kebudayaan tahun ini digelar didua lokasi yakni di Tepian H Saidina Ali dan Tepian Lubuak Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir yang baru selesai pada 16 Agustus 2022 kemarin. Untuk event Nasional, Pacu Jalur akan digelar selama lima hari dimulai 21-25 Agustus 2022.