Capella Honda dan Telkom Kolaborasi Wujudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

PT-Capella-Dinamik-Nusantara9.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Untuk mewujudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau bersama PT Telkom Akses wilayah Riau berkolaborasi mengadakan Program Training Safety Riding bagi karyawan yang menggunakan kendaraan roda dua dalam bertugas.

 

Diketahui, sebanyak 30 karyawan PT Telkom Akses mengikuti program safety riding ini. 

 

HSE PT Telkom Akses wilayah Riau, Helmi Arif mengatakan keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hak karyawan pada saat bertugas. Mobilitas menggunakan sepeda motor pada saat bertugas di lapangan berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja apabila tidak menerapkan budaya #Cari_aman saat berkendara.

 

 

"Harapan kami dengan adanya training ini, peserta bisa meningkatkan kemampuan prediksi bahaya pada saat berkendara. Membiasakan budaya berkendara #Cari_aman seperti penggunaan APD yang lengkap dan  meningkatnya skill individu pada saat berkendara terutama pada saat membawa perlengkapan kerja," ujarnya, Kamis 11 Agustus 2022. 

 

Diungkapkannya, tercatat dari beberapa kasus kecelakaan kerja yang terjadi paling banyak disebabkan karena kurangnya ketertiban pada saat penggunaan APD berkendara dan prediksi bahaya yang kurang saat di jalan. 

 

Sementara, Arif Rahman Hakim Instruktur Safety Riding PT CDN Riau memaparkan pentingnnya kemampuan untuk memprediksikan bahaya sangat dibutuhkan pada saat berkendara. Semakin tinggi sensitifitas terhadap bahaya maka semakin besar waktu yang dibutuhkan untuk menghindar dari kecelakaan. 

 

"Untuk mengasah kemampuan dalam memprediksi bahaya bisa berlatih menggunakan alat simulasi Honda Riding Trainer yang tersedia di Dealer Honda dan mengikuti pelatihan safety riding yang diadakan oleh tim safety riding Honda," tuturnya.


 

Lebih lanjut agar tetap aman pada saat bertugas di lapangan, seorang pengendara juga membutuhan kemampuan dasar. Untuk melatih kemampuan dasar peserta disematkan materi praktek tenik dasar berkendara seperti teknik pengereman (panic braking), teknik di slalom course untuk mengenal karakterisktik sepeda motor dan teknik balance statis untuk melatih keseimbangan pada saat berkendara. 

 

"Kunci untuk menguasai teknik balance statis adalah pandangan yang fokus, kemampuan menyeimbangan diri dan kemampuan mengendalikan pikiran. Jika pandangan fokus dan pikiran tenang saya yakin peserta bisa melalui sesi teknik balance statis untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga keseimbangan saat berkendara," jelasnya. 

 

Sales Manager PT CDN Riau, Jonny Winata menambahkan training dan edukasi safety riding adalah salah satu wujud kontribusi Honda dalam membantu pemerintah untuk meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya. 

 

Konsisten memberikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan dengan selalu memproduksi sepeda motor yang dilengkapi teknologi keselamatan, Instruktur Safety Riding yang bersertifikasi dan materi safety riding yang masyarakat butuhkan. 

 

Serta siap membantu Perusahaan/Private company untuk mewujudkan tujuan K3 yakni Zero Accident dengan memberikan pelayanan berupa pelatihan karyawan dengan materi yang disesuaikan kebutuhan.

 

 

 

 

“Honda siap memenuhi kebutuhan untuk mewujudkan budaya #Cari_Aman di area kerja, selalu #Cari_aman saat naik motor, ajakan keselamatan berkendara sebagai wujud kontribusi Honda untuk masyarakat Indonesia," tutupnya.

 

K3 adalah segala kegiatan untuk memberikan jaminan keselamatan dan meningkatkan derajat kesehatan para pekerja dengan cara pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja, pengendalian bahaya di tempat kerja, promosi kesehatan, pentothal, dan rehabilitasi.