Pemkab Bengkalis Gelar Apel HUT ke-65 Provinsi Riau

Apel-HUT-Riau-di-bengkalis.jpg
(Istimewa)

 

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sementara Bupati Bengkalis, Kasmari, menghadiri langsung upacara HUT ke-65 Provinsi Riau, Apel tersebut juga digelar di halaman Kantor Bupati Bengkalis, Selasa, 9 Agustus 2022, pagi.

Apel yang dipimpin oleh Wakil Bupati, Bagus Santoso, diikuti Aparatur Sipil Negara perwakilan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Mendampingi Wakil Bupati, Bagus Santoso, di antaranya, Sekretaris Daerah, Bustami HY, Ketua Pengadilan Negeri, Bayu Soho Rahardjo, Kapolres Bengkalis, AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303/Bengkalis, Endik Yunia, dan Ketua DPH LAMR, Bengkalis, Sofyan.

Dalam amanat Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, dibacakan Bagus Santoso, menyebut peringatan hari jadi menjadi bukti perjalanan Provinsi Riau yang telah mencapai usia ke-65 tahun.


Mengenang kembali sejarah berdirinya Provinsi Riau sarat dengan nilai-nilai moral yang dipersembahkan secara tulus oleh tokoh-tokoh pemuda, pejuang maupun masyarakat Riau yang telah berjasa mendirikan Provinsi Riau.

Provinsi Riau menjadi salah satu pusat perekonomian di pulau Sumatera. Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik. 

"Untuk realisasi investasi, Provinsi Riau berhasil meraih Peringkat kelima Nasional dengan nilai investasi pada tahun 2021 sebesar Rp. 53,02 Triliun," kata Bagus dalam sambutanya.

Lanjutnya, perkembangan kemajuan Provinsi Riau ditentukan kemajuan desa. Sebelum adanya program Bantuan Keuangan Khusus kepada desa, jumlah desa mandiri di Provinsi Riau tahun 2019 hanya sebanyak 10 desa, desa maju 163 desa, desa berkembang 951 desa, desa tertinggal 422 desa dan desa sangat tertinggal 45 desa. 

"Alhamdulillah sejak tahun 2019-2022, dengan Program Bantuan Keuangan Khusus kepada desa, jumlah desa mandiri sebanyak 159, desa maju 517 desa, desa berkembang 805 desa, desa tertinggal menurun menjadi 87 desa dan desa sangat tertinggal menurun menjadi 24 desa," tutupnya