BSP 100 Persen Kelola Blok CPP, Syamsuar: Kado Spesial bagi Rakyat Riau

Syamsuar463.jpg
(Tika Ayu/RIAUONLINE.CO.ID)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, mengaku bangga atas alih operasional Wilayah Coastal Plain Pekanbaru (WCPP) yang kini 100 persen dikelola Badan Usaha milik Daerah (BUMD) PT Bumi Siak Pusako (BSP).

Hal itu diungkapkan Syamsuar dalam acara Malam Seremoni  Peralihan Badan Operasi Bersama (BOB) Pertamina Hulu Rokan ke PT  BSP,  pada Senin, 8 Agustus 2022.

"Jangan sampai kepercayaan pemerintah ini di sia-siakan," tegasnya dalam sambutan. 

Terlebih, kata Syamsuar, penyerahan alih kelola ini berdekatan dengan Hari Jadi Provinsi Riau ke-65. Disebut Syamsuar, bahwa momentum ini merupakan kado spesial bagi masyarakat Riau. 

"Amanah ini menjadi kado spesial bagi kami rakyat Riau, karena besok seluruh masyarakat Riau akan merayakan hari ulang tahun Provinsi Riau ke-65 sesuai dengan tagline Riau unggul," ucapnya.


 

 

Syamsuar menyebutkan, Provinsi Riau memiliki 11  Kontraktor Kontrak Kerja (KKKS) eksplorasi dan satu KKKS eksplorasi hulu migas, dengan lifting minyak dan gas (Migas) di semester satu Tahun 2022 rata-rata 178.000.

"Menopang 25 persen dari total lifting minyak nasional. Ini berarti tidak lagi hanya sebagai sumber pendapatan, tetapi juga sebagai motor penggerak perekonomian tidak hanya bagi industri penunjang tapi juga UMKM," tutur Syamsuar.

Syamsuar menegaskan keberadaan perusahaan harus memiliki multiplier effect pada  masyarakat.

"Efek berganda ini dapat berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi akibat wabah ekonomi Covid-19 yang lalu terwujudnya penyerapan tenaga kerja lokal peningkatan aktivitas ekonomi daerah sekitar operasi peningkatan pendapatan daerah melalui pajak dan pnbp," ungkap Syamsuar