Dewan Minta SILPA APBD 2021 Rp 900 M Dialihfungsikan ke Pembangunan Infrastruktur Riau

ILUSTRASI-ANGGARAN.jpg
(KEMENDAGRI.GO.ID)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi IV DPRD Riau, Manahara Napitupulu, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memanfaatkan dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 sebesar Rp 900 miliar agar dipergunakan untuk infrastruktur.

Manahara menilai selama pandemi, keuangan daerah berdampak pada akselerasi pembangunan, sehingga saat ini perlu digesa kembali.

"Kami berharap prioritasnya kepada infrastruktur. Memang di APBD perubahan yang sifatnya lelang tak tertempuh oleh jangka waktu," ujarnya, Senin, 8 Agustus 2022.

Sebab itu, ia meminta Pemprov Riau agar memfokuskan pada bidang mana yang bisa ditempuh dengan gerak cepat seperti semenisasi lingkungan permukiman.

 


 

"Baru nanti di APBD murni 2023 baru bisa dilakukan infrastruktur yang melalui proses lelang, supaya volumenya lebih besar," tutur Politikus Demokrat itu.

Sayangnya, menurut Manahara, pihaknya belum ada menerima perubahan dana SILPA Rp 900 miliar dari pihak Gubernur Riau.

"Semestinya bulan Juli kemarin itu sudah disampaikan ke dewan. Infrastruktur mana yang perlu disentuh dengan cepat," tutupnya.