Harga Cabai di Pasar Selasa Panam Mulai Turun Perlahan

Cabe-di-pasar-Selasa-Pekanbaru.jpg
(Laras Olivia/Riau Online.co.id)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Harga cabai di Kota Pekanbaru sudah menunjukkan penurunan. Harga cabai di pasar maupun warung sudah berada di bawah Rp 100 ribu.

Di Pasar Selasa, Panam, harga komoditi pangan ini juga mengalami penurunan. Masyarakat bisa membeli 1 kg cabe dengan harga Rp 90 ribu.

"Tadi beli setengah kilo Rp 45 ribu di pasar Selasa. Bulan lalu saya beli masih Rp 60 ribu," ujar pembeli, Mulya Jamil, kepada RIAUONLINE, Minggu Agustus 2022.

Mulya mengaku sempat merasakan harga cabai cukup tinggi. Bulan lalu, ia membeli 1 kg cabai seharga Rp 120 ribu.

Meskipun harga cabai berangsur turun, Mulya berharap harga cabai bisa perlahan kembali normal. Ia tak ingin memutar otak untuk bisa mengkonsumsi cabai lantaran harga mahal.


"Dulu bisa beli sekilo. Sekarang sekilo berasa kali mahalnya. Beli setengah kilo aja lagi untuk stok seminggu. Nggak enak juga nggak makan pedas," ujar warga jalan Melati, Panam.

Kepala DPP Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, membenarkan adanya penurunan harga cabai. Menurutnya, penurunan harga cabai bisa disebabkan oleh panen yang sudah semakin membaik di daerah penghasil.

"Alhamdulillah harga cabai sudah berangsur turun. Harapan kita harga cabai akan segera stabil. Mungkin ini panen sudah semakin membaik, suplai mencukupi sehingga harganya semakin turun," paparnya.

Ia menyebut bahwa, pasokan cabai merah mereka masih memasoknya dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Ada sebagian lagi dari Jawa.

Sebelumnya harga cabai sempat menyentuh harga Rp 100 ribu lebih per kilogram. Seperti di Pasar Bawah Kota Pekanbaru, harga cabai tembus Rp 130 ribu per kilogram. kenaikan ini satu pekan jelang momen Idul Adha 1443 H.