Eka Hospital Pekanbaru Punya Alat Canggih yang Cuma Satu-satunya di Indonesia

Eka-Hospital2.jpg
(Ekahospital.com)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, Rumah Sakit (RS) Eka Hospital luncurkan Robotic Navigation dalam penanganan Orthopedi Station.

Hal tersebut diungkapkan Chief Operating Officer (COO)  RS Eka Hospital Pekanbaru,  Rina Setiawati,  Jumat 5 Agustus 2022.

"Sejumlah alat canggih seperti yang di unggapkan satu-satunya alat yang pertama kali ada di Indonesia bahkan South East Asia (Asia Tenggara) itu sudah ada di RS Eka Hospital," ujarnya dalam sambutan Peluncuran Gatam Institute Eka Hospital Arthopaedic and Spine Center Pekanbaru,  di Auditorium lantai 8 RS Eka Hospital. 

Lanjut Rina membeberkan bahwa  Robotic Navigation memiliki keunggulan dalam membantu prosedur operasi di bidang Ortopedi.  Diungkapkannya jika akurasi alat ini sangat detail.
 

"Akurasi  pemasangan krus atau implan  untuk nilai 10 ia bisa hingga 9.99 persen," Ujar Rina. 

Selain Robotic Navigation, Rina tak lupa menyampaikan alat canggih lainnya.  Disebutnya  terdapat meja  operasi yang dinamai Pro Axis Table, yang punya penampakan beda dengan meja operasi pada umumnya. 

"Meja ini bisa bergerak menyesuaikan kebutuhan dokter, bisa melengkung sana melengkung sini. Jadi ini pertama kali dimiliki di Indonesia di Eka Hospital," ungkapnya.


Mendukung fasilitas canggih ini,  diungkapkan Rina juga terdapat  teknologi pendukung lainnya seperti C Arm Radiologi,  standing MRI,  Artroskopi. 

"Membantu dokter untuk dapat melakukan operasi lebih baik," Tuturnya. 

Dengan segala kelengkapan teknologi  modren di rumah sakit Pekanbaru ini,  Rina mengharapkan bahwa masyarakat dapat meningkatkan kepercayaan untuk berobat di dalam negeri saja. 

 

Pada lain sisi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Provinsi Riau,  Lesmana mengungkapkan bahwa inovasi yang hadir di RS di Riau jni menjadi sebuah prestasi. Dan katanya Lesmana giat ini harus ditingkatkan karena berkaitan  dengan bidang kesehatan.

"Bidang kesehatan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,  dan tentu kesehatan merupakan hak yang  harus dimiliki da kwajiban yang harus ditunaikan oleh seluruh stakeholder. Menciptakan suasana kehidupan yang prima bagi seluruh  masyarakat Indonesia, " ungkapnya

Maka dengan itu pula,  Lasmana juga berharap bahwa akan jadi prioner perintis dan selalu terdepan dalam inovasi  kemajuan di bidang kesehatan