5.000 Peserta Didik Tak Tertampung di SMP Negeri Pekanbaru, Terpaksa ke Swasta

Daftar-ulang-SMPN-18.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebagian peserta didik di Kota Pekanbaru terpaksa melanjutkan pendidikan ke SMP swasta. Kondisi ini lantaran kapasitas SMP negeri belum bisa menampung jumlah lulusan SD tahun ini.

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendata, kapasitas SMP negeri hanya 8.628 orang peserta didik. Sedangkan lulusan SD untuk tahun ini di Kota Pekanbaru mencapai 14.000 orang.

Ada sekitar 5.000 lebih peserta didik tidak tertampung di 45 SMP negeri. Mereka terpaksa melanjutkan pendidikan ke SMP swasta.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, berencana melakukan pemerataan terhadap sebaran SMP di kota ini. Ia mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mesti mendata kebutuhan SMP di seluruh kecamatan.

"Data kecamatan yang belum merata sebaran SMP di wilayahnya," ujarnya, Selasa, 2 Agustus 2022.


 

 

Dirinya menyampaikan bahwa penambahan SMP negeri juga harus bersamaan dengan meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Muzailis, membenarkan rencana pemerataan terhadap SMP di Pekanbaru. Mereka secara mendata kecamatan yang belum merata pembangunan SMP di wilayahnya.

"Masih kita data oleh bidang sarpras, sebab masih ada kecamatan yang belum merata sebaran peserta didiknya di SMP," ulasnya.

Pihaknya berupaya untuk di masa mendatang agar para lulusan SD tidak kesulitan mendapat SMP negeri. Ia menyebut, dengan sistem zonasi dalam PPDB berikutnya diharapkan nantinya seluruh SMP negeri juga berkualitas.