Masih Muda Sudah Sakit Pinggang? Ini Tips Mengatasinya!

Sakit-pinggang.jpg
(Shutterstock)

Laporan Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kamu yang berusia 20-an pasti ada yang pernah mengeluh cepat pegal dan sakit punggung. Bisa jadi itu salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin D.

 

Menurut seorang konsultan senior Internal Medicine di Max Super Speciality Hospital, Vikas Ahluwalia, kondisi ini makin marak terjadi pada generasi muda beberapa tahun belakangan, terutama di kota-kota besar seperti New Delhi, India.

 

"Kami menemukan semakin banyak kasus generasi muda yang mengeluhkan nyeri punggung, nyeri kaki, nyeri sendi dan lemah lesu yang ada kaitannya dengan kekurangan vitamin D dan vitamin D3. Yang lebih mengkhawatirkan adalah remaja dengan usia kisaran 16 tahun yang tengah sedang giat-giatnya tumbuhlah yang mengalami masalah semacam ini," ungkap Ahluwalia.

 

Selain kekurangan Vitamin D, ada sejumlah penyebab sakit punggung lainnya. Penyebab yang paling sering terjadi satu di antaranya spondilitis, radang sendi yang melibatkan tulang belakang.

 

Dilansir dari emedicinehealth, Reumatologi Wiliam C. Shiel mengatakan bahwa spondilitis terjadi ketika terdapat peradangan kronis pada tulang belakang dan sendi sakroiliaka.

 

"Sendi ini terletak di punggung bawah di mana sakrum (tulang di atas tulang ekor) bertemu dengan tulang iliaka (tulang di kedua sisi bokong bagian atas," ujar William.

 

Sakit punggung belakang bisa terjadi karena beberapa faktor seperti keturunan hingga sering melakukan kebiasaan buruk. Oleh karena itu, penting untuk menjaga gaya hidup sehat agar tidak mengalami sakit punggung di usia muda. 

 

Berikut beberapa penyebab sakit punggung:

 


  • Sering duduk membungkuk

  • Kurang asupan makanan bergizi

  • Jenis kasur yang salah

  • Posisi tidur

  • Duduk terlalu lama

  • Jarang olahraga

  • Merokok

  • Memakai high heels dan lain-lain

 

Untuk menghentikan sakit punggung, setidaknya ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat dilakukan guna mencegah nyeri otot.

 

Dilansir dari Healthline, berikut cara mengatasi sakit punggung dengan menerapkan gaya hidup sehat:

 

Nyeri sendi atau sakit punggung di usia muda mungkin dapat mengganggu kamu untuk tetap aktif melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Namun, jangan khawatir, dengan melakukan perawatan dan gaya hidup yang sehat, kamu dapat mengendalikan nyeri sendi.

 

Sampai saat ini, memang belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan nyeri sendi. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa sakit, yaitu:

 

  • Menggunakan obat penghilang rasa sakit topikal atau minum obat anti-inflamasi non steroid yang efektif untuk meredakan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan.

  • Tetap aktif secara fisik dan ikuti kelas olahraga yang ringan.

 

  • Lakukan peregangan sebelum berolahraga untuk mempertahankan rentang gerak yang baik di persendian.

  • Jaga berat badan agar tetap dalam kisaran yang ideal. Hal ini dapat mengurangi beban pada sendi.

  • Hindari merokok dan minuman beralkohol. Sebab, merokok dapat membuat peradangan pada sendi semakin buruk. Kamu juga sebaiknya berhenti mengkonsumsi alkohol karena zat tersebut dapat mempengaruhi obat-obatan yang kamu konsumsi untuk bekerja dengan optimal.