9 Tips Jitu Atasi Rasa Kantuk di Tempat Kerja

malas-bekerja.jpg
(Shutterstock)

Laporan Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rasa kantuk saat bekerja memang sulit sekali dihilangkan. Mengantuk saat bekerja juga berpengaruh pada konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Memasuki jam setelah selesai makan siang, adalah jam rawan untuk merasa ngantuk di tempat kerja. Kopi mungkin menjadi salah satu solusi untuk menghindari kantuk di tempat kerja. Namun minum kopi terlalu sering juga dapat mempengaruhi kesehatan.

Ada banyak cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja. Ini penting untuk diketahui demi menjaga sikap profesional dan mengoptimalkan produktivitas dalam bekerja.

Cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja yang perlu kamu terapkan sebenarnya tak luput dari pola aktivitas yang kamu jalani sebelum berangkat kerja dan selama bekerja. 

Pasalnya, beberapa kebiasaan terbukti efektif dalam meredam munculnya rasa kantuk dan lelah.

Berikut ini tips untuk menghindari rasa kantuk di tempat kerja:

1. Tidak duduk terlalu lama 

Duduk terlalu lama di satu tempat dan dalam posisi yang sama akan membuat mengantuk. Padahal, inilah yang setiap hari dilakukan oleh para pekerja kantoran. Untuk menghindari rasa kantuk, kita disarankan untuk sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain agar darah bisa mengalir dengan baik. 

Setelah itu, dijamin tubuh akan terasa lebih segar dan rasa kantuk berkurang.

2. Tidak menatap layar komputer terus menerus

Mata lelah dan pikiran yang sumpek karena terus-menerus menatap layar komputer bisa membuat kamu lelah dan mengantuk, atau bahkan merasakan sakit kepala tegang.


Jadi, alihkan mata dan perhatian kamu dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

3. Tidak menyantap makan siang yang terlalu berat 

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat mengantuk. Jadi, saat makan siang, dibanding nasi padang, sebaiknya pilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan.

4. Mendengarkan musik

Cara menghilangkan ngantuk dan lelah berikutnya adalah dengan mendengarkan musik menggunakan earphone. Musik dengan irama yang kencang, seperti musik aliran rock dan pop, bisa membuat Anda lebih berenergi dan melupakan rasa kantuk dan lelah.

5. Membuat ruang kerja tetap terang 

Jika memungkinkan, bukalah penutup jendela kantor dan biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Sinar matahari akan menambah energi serta meningkatkan fokus kita.

6. Tidur siang sejenak

Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak selama 10–20 menit. Jika tidak memungkinkan atau Anda tidak dapat tidur, pejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja selama 10 menit tanpa distraksi apa pun agar Anda dapat kembali lebih segar.

7. Memenuhi kesibukan selama jam kerja 

Terkadang, rasa kantuk datang saat kita sedang tidak terlalu banyak tugas. Untuk menghindari kantuk berlebih, kita dapat mengisi waktu luang saat jam kerja dengan mencicil pekerjaan untuk esok hari. 

8. Sesekali ngobrol dengan teman 

Ngobrol dengan teman sekantor juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk yang menyenangkan. Apabila ada keperluan, kamu dapat berjalan ke meja rekan kerja, dibanding hanya mengirim email atau bertukar pesan lewat chat. 



9. Lakukan peregangan 

Melakukan stretching atau peregangan di meja kantor juga bisa mengusir kantuk. Peregangan sederhana bisa dilakukan dengan merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil duduk di atas kursi.