Pelatihan Penjamah Makanan dan Tata Boga Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Siak

Pelatihan-Rutan-Siak.jpg
(Hendra Dedafta/RIAUONLINE)


Laporan: Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, SIAK – Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Siak melaksanakan pelatihan penjamah makanan dan tata boga kepada petugas dan warga binaan pemasyarakatan. Aula Rutan Siak, Rabu 13 Juli 2022.

Pelatihan ini diikuti oleh 22 orang peserta yang terdiri dari 2 orang pegawai Rutan Siak, 15 orang laki-laki dan 5 orang perempuan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Siak.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Siak, Tonggo Butarbutar dan dihadiri oleh Plh Kepala Puskesmas Siak, Muhammad Solihin, serta narasumber pemateri Hayatin Nisra.

"Dengan dilaksanakannya pelatihan ini petugas dan WBP dapat mengimplementasikan ilmu-ilmunya di Rutan Siak, guna meningkatkan kualitas hidup sehat melalui terpenuhinya standar kesehatan pemberian makanan dan minuman bagi WBP," kata Tonggo Butarbutar.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan oleh Narasumber, Hayatin Nisra.


 

 

Sebelum masuk ke materi pelatihan, peserta diminta untuk mengikuti pre test, untuk menilai pemahaman tentang pengelolaan makanan dan minuman di dalam Rutan.

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan pemberian materi, peserta diarahkan untuk melakukan praktik langsung oleh Frisdia Sisca Putri Nasution, AmKL di Dapur Rutan Siak.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengerjaan post test, kemudian peninjauan dapur sekaligus praktik oleh seluruh peserta.

Setelah mengikuti sejumlah tes, seluruh peserta dinyatakan layak diberikan sertifikat penyuluhan keamanan pangan.