Digelar Besok, Catat Rangkaian Festival Subayang di Kampar

Subayang-Festival.jpg
(Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Tinggal menghitung jam, Festival Subayang di Desa Wisata Gema - Tanjung Belit, Kampar digelar mulai besok, Jumat 15-17 Juli 2022.

Dalam festival tersebut, ada sejumlah agenda yang dilaksanakan, mulai dari pameran UMKM, parade tari daerah, pertunjukan musik, pacu perahu hingga berburu ikan di lubuk larangan.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat mengatakan puncaknya, pada malam hari nanti diadakan camping sambil berburu ikan dengan peralatan tangkap tradisional yang sudah diepersiapkan panitia.

"Peralatan kita siapkan secara tradisional. Malam hari nanti bisa berburu, ini menjadi ciri khas dalam Subayang Festival," ujar Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, Kamis, 14 Juli 2022.

Roni mengungkapkan masyarakat dapat menyusuri Sungai Subayang yang masih asri, menikmati kondisi alam jauh dari kebisingan dan hiruk piruk perkotaan serta bertemu banyak satwa endemik seperti siamang, babi hutan, burung jalak dan burung kicau lain.

"Di Subayang kita akan menyaksikan kembali ragam kearifan lokal. Tradisi menghadirkan lubuk larangan misalnya, tak semata soal memelihara keberlangsungan biota. Namun, sekaligus menghadirkan filosofi, spirit dan inspirasi," kata Roni.

Roni menyebut Subayang sebagai gugus 16 desa adat di Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Sebuah negeri tua dengan peradaban yang terbentang sangat panjang.

"Air Terjun, liuk sungai, hamparan Bukit Rimbang dan Baling jadi saksi atas keteguhan memegang adat di tengah era yang terus berubah," pungkasya.

Sementara itu, berikut rangkaian Festival Subayang yang akan digelar akhir pekan nanti:

Jumat, 15 Juli 2022

- Bazar UMKM Lokal


- Pelatihan Desa Wisata

- Panggung Hiburan

- Fashion Show

- Pacu perahu begalah

- Seni hiburan

- Berburu ikan di lubuk larangan

Sabtu, 16 Juli 2022

- Pameran seni rupa

- Panen ikan di lubuk larangan

- Semah rantau

- Makan Bejambau

- Tubing dan rafting

- Tari kolosal

- Final pacu perahu

- Kontes MUA

- Lelang karya

- Malam hiburan

- Anugrah Subayang

Minggu, 17 Juli 2022

- Fiel trip Subayang dari Desa Gema-Tanjung Belit