Kenaikan Harga Bahan Pokok Dikeluhkan Warga Riau, Dewan Usul Gelar Pasar Murah

Cabai-rawit6.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi II DPRD Riau, Abu Khoiri meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar murah.

"Buatlah pasar murah di tempat-tempat strategis yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Dan jangan lupa lakukan operasi pasar secara rutin minimal pertiga bulan dan memperbaiki sarana prasana pasar yang ada agar menjadi memadai," pintanya.

Hal itu ditegaskannya, mengingat Idul Adha sudah di depan mata. Sehingga, kata dia, sudah semestinya pemerintah mencari solusi untuk jangka pendek maupun jangka panjang dalam mengatasi masalah kebutuhan pokok.

"Apalagi ini menjelang lebaran Idul Adha. Pemerintah harus segera berbuat terhadap kenaikan beberapa bahan pokok ini. Carilah jalan keluarnya," tutupnya

Melonjaknya harga kebubutuhan bahan pokok sudah dikeluhkan masyarakat Riau. Seperti harga cabai merah yang tak kunjung turun, bahkan sudah menyentuh Rp 100 ribu lebih per kilogram.


 

 

Abu Khoiri pun mendesak Pemprov Riau untuk segera mengontrol kenaikan harga tersebut.

"Kami minta pemerintah segera mencarikan solusinya untuk menstabilkan harga cabai ini. Karena kenaikan komoditi ini sudah lama dan dikeluhkan masyarakat," ujarnya

Selain itu, politikus PKB itu juga meminta Dinas Pertanian agar pro aktif dan meninjau ke lapangan terkait potensi terjadinya kenaikan harga pada komoditas pertanian lainnya.

"Harga-harga komoditas pertanian ini bisa dilakukan dengan memberdayakan petani lokal untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat Riau yang terjangkau," terang Abu Khoiri.