Cari Kerja? 6 Hal yang Harus Dilakukan Agar Lolos Wawancara

Ilustrasi-cari-kerja.jpg
(Shutterstock via Tempo.co)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketika akan memulai membangun karir atau mencari pekerjaan, banyak yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Mulai dari mempersiapkan CV, resume hingga portofolio.

Selain itu, kamu tentu harus melewati tahapan wawancara kerja. Tahapan ini merupakan hal yang penting dalam proses penerimaan karyawan baru.

Agar semua persiapanmu tidak sia-sia, perhatikan hal berikut agar tahapan wawancara pekerjaan berjalan lancar:

1. Terus berlatih

Hal pertama yang paling penting dipersiapkan saat ingin wawancara kerja adalah dengan berlatih. Dikutip dari The Balance Careers, coba cari beberapa contoh pertanyaan terkait wawancara kerja yang ada di internet. Setelah itu, kamu bisa berlatih seolah menjawab pertanyaan yang diajukan oleh perekrut. Coba untuk menjawab pertanyaan dalam kalimat yang kuat bersifat spesifik, namun tetap ringkas. Jangan lupa memberikan contoh-contoh nyata yang relevan dengan menonjolkan keahlianmu.

2. Cari tahu soal pekerjaan dan perusahaan yang sedang dilamar

Sebelum melakukan wawancara, jangan lupa juga untuk mencari tahu tentang perusahaan dan industri yang akan kamu lamar. Hal ini penting agar kamu tidak kebingungan jika ditanya soal hal dasar perusahaan, misalnya pertanyaan soal, 'apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?'.


Jika pertanyaan ini tidak ditanyakan, kamu harus mencoba untuk mengungkapkan rasa ketertarikan kamu dengan perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mencari tahu informasi tentang sejarah perusahaan, visi misi, nilai-nilai, staf, dan budaya kerja perusahaan.

3. Lakukan persiapan yang optimal

Lakukan persiapan wawancara dari jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlupakan saat hari wawancara, misalnya mempersiapkan salinan resume atau mempersiapkan pakaian terbaik untuk wawancara sehingga saat harinya tiba, kamu sudah tahu apa yang harus dikenakan tanpa merasa bingung ataupun khawatir berlebihan. Pastikan pakaian wawancara yang kamu gunakan rapi dan jangan lupa membawa salinan portofolio, resume serta cv dan juga pulpen jika dibutuhkan secara mendadak.

Jika melakukan wawancara secara virtual, siapkan alat yang mungkin akan kamu gunakan, seperti laptop ataupun sinyal untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan terasa nyaman tanpa gangguan.

4. Tepat waktu

Datanglah tepat waktu saat wawancara. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak telat karena lalu lintas yang padat atau risiko tersasar. Nilaimu akan bertambah di mata perekrut karena kamu dianggap serius dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan pekerjaan yang dilamar.

5. Coba untuk tetap tenang

Selama wawancara kerja, cobalah untuk rileks dan tetap tenang saat menjawab pertanyaan dari perekrut. Ingatlah bahwa bahasa tubuh kamu bisa menggambarkan banyak hal tentang dirimu di mata perekrut. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan persiapan matang agar bisa tampil percaya diri saat melakukan wawancara kerja.

Jangan lupa untuk melakukan kontak mata dengan perekrut, juga memperhatikan pertanyaan dan dengarkan seluruh penjelasan dengan saksama. Hal ini memudahkan kamu untuk menjawab pertanyaan yang dilayangkan oleh perekrut.

6. Hindari memotong pembicaraan

Saat wawancara, kamu mungkin merasa kurang percaya diri atau grogi saat menjawab pertanyaan perekrut. Ketika merasa grogi, mungkin kamu melakukan kesalahan, misalnya memotong pembicaraan perekrut. Hal ini tentu sebaiknya tidak boleh dilakukan karena kamu akan dianggap tidak menghargai perekrut dan menganggap penjelasannya tidak penting