Dikira Hamil, Ada Kista 30 Cm di Perut Wanita Asal Pekanbaru Ini

Wanita-Pekanbaru-kista.jpg
(Istimewa)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kisah seorag wanita yang mengalami perut buncit viral di TikTok. Wanita bernama Putri May Laras itu dikira hamil lantaran semakin membesar dan terasa keras.

Putri awalnya juga tidak menyadari, bahwa ada yang salah dengan dirinya yang kerap terlihat buncit dan lama-kelamaan semakin besar dan keras.

Terlebih lagi, wanita asal Pekanbaru, Provinsi Riau ini jarang sekali buang air besar. Akan tetapi, lingkar perutnya terus membesar hingga muncul rasa sakit.

"Tetapi makin hari makin sakit, sampai akhirnya ke dokter penyakit dalam," tutur pemilik akun TikTok @pejuanghalaall.

Siapa sangka, ternyata ada kista yang bersarang di luar rahimnya dengan ukuran 30 sentimeter.

Awalnya pada Maret akhir 2022 lalu, Putri merasakan perutnya semakin lama kian terlihat buncit dan mengeras. Putri mengira perut buncitnya itu disebabkan karena sulit buang air besar (BAB).


"Ketika baring ada benjolan di perut sebelah kiri, tapi saya diamkan saja," kata Putri.

Lama-kelamaan Putri merasa khawatir, kemudian memilih memeriksakan kondisinya ke dokter penyakit dalam. Lalu saat dianjurkan pindah ke dokter USG, baru ketahuan ternyata ada kista sepanjang 30 cm di dalam perut Putri. Mengetahui hal itu, Putri menangis sejadi-jadinya.

"Kemudian saya dirujuk ke dokter Sp.Og. Setelah periksa di Spog saya disarankan operasi. Akhirnya saya memilih ditindak oleh dokter Sp.Og. Saya ditindak di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru," jelas Putri.

Untungnya, orangtua dan keluarga menguatkan Putri dan menerima kondisi Putri dengan tegar.

"Begitu juga dengan pasangan saya. Selalu ada dan men-support saya. Itu yang membuat saya kuat sampai saat ini," lanjut Putri.

Putri lantas menjalani operasi pengangkatan kista 30 cm itu dari perutnya.

"Setelah semua pengecekan dan proses yang cukup panjang selesai, Alhamdulillah keluar jadwal operasi saya."

"Saya menjalankan operasi 19 Mei 2022, dengan kondisi bius total dengan panjang jahitan satu jengkal di perut," kata Putri, dikutip dari postingan lain di TikTok.

Usai melakukan operasi pengangkatan kista, Putri menyebut kondisinya kian membaik.

Putri berharap ceritanya ini dapat menjadi pengalaman bagi banyak orang. Para perempuan, kata Putri, seharusnya menjaga pola makanannya.

"Kurangi Junk Food dan micin, kemudian jangan takut untuk periksa apabila ada terjadi kejanggalan dan jangan pernah takut untuk cek ke dokter," kata Putri.