Mulai Hari Ini, Cek Tautan PPDB Online SMP Negeri Pekanbaru di Sini

Ilustrasi-penerimaan-siswa.jpg


RIAUONLINE, PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Pekanbaru dimulai hari ini, Rabu 29 Juni 2022. Pendaftaran bergulir selama sepekan hingga 5 Juli 2022.

Sekertaris Dinas Pendidikan Pekanbaru, Muzailis mengatakan wali murid bisa mengunggah persyaratannya melalui tautan ppdbpekanbaru.id.

"Untuk tautan pendaftaran tersebut juga sudah kita sampaikan kepada masyarakat melalui sekolah-sekolah juga bisa," ujarnya, Rabu 29 Juni 2022.

Ia mengingatkan wali murid bisa mulai mendaftarkan anak mereka mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB setiap harinya.

Muzailis mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kendala seperti trouble website atau gangguan saat proses pendaftaran online, pihaknya bersama pihak ketiga sudah menyiapkan server cadangan.

"Ada pihak ketiga yang menangani, kita hanya memantau dan mengawasi. Jadi memang sudah ada antisipasi, kalau ada trouble mereka sudah siap melakukan antisipasi berupa server cadangan," ujarnya.


 

 

Ada empat jalur PPDB di SMP negeri tahun ini yaitu Zonasi, Afirmasi, Perpindahan orangtua dan prestasi.

"Kalau yang terbanyak zonasi. Untuk SMP itu 65 persen. Sisanya itu untuk jalur afirmasi, perpindahan orangtua dan juga prestasi," paparnya.

Muzailis menyadari bahwa daya tampung SMP Negeri di Kota Pekanbaru belum bisa menampung seluruh lulusan sekolah dasar atau SD yang ada saat ini. Jumlah lulusan SD yang ada di Kota Pekanbaru berkisar 14.000 peserta didik.

Total daya tampung SMP negeri dalam PPDB tahun 2022 hanya sekitar 8.000 peserta didik. Jumlah daya tampung di 45 SMP negeri ini belum bisa menampung seluruh lulusan SD negeri maupun swasta di Kota Pekanbaru.