Disperindag Berburu Cabai ke Bengkulu hingga Sumut untuk Stablikan Harga

Bahan-Pokok5.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Dapot Sinaga mengatakan jelang hari raya idul adha, pihaknya memanggil Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemko Pekanbaru beberapa waktu lalu.

 

Dapot menjelaskan, salah satu pembahasan dalam pertemuan tersebut mempertanyakan bagaimana menstabilisasikan kenaikan harga kebutuhan pokok. Khususnya, harga cabai yang melonjak tinggi.

"Saat kita hearing, Disperindag mengatakan sudah melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga dan menjaga stok bahan sembako di Kota Pekanbaru," katanya.

 

Politisi PDIP ini juga mengatakan, Disperindag Pekanbaru sudah berusaha  mencari cabai itu ke Bengkulu, tapi saat ini stok di Bengkulu sudah habis. 

 


"Sekarang ini, mereka sedang mencari ke Sumatera Utara," ujarnya.

 

Tidak hanya terkait kenaikan harga cabai, Dapot meminta Distankan Kota Pekanbaru agar turun langsung ke lapangan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru.

 

 

"Sekalipun ada surat bebas PMK, pengawasan dari Distankan tetap harus ada. Dicek betul, sehat atau tidak karena bisa aja penyakit PMK yang masuk ke Pekanbaru itu tidak terdeteksi,"  pungkasnya.