Asyik, 300 UMKM Sudah Bisa Berdagang di Car Free Day Juli Mendatang

Car-Free-Day-Pekanbaru2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pelaku usaha atau UMKM belum bisa berjualan di area CFD, Minggu 26 Juni 2022. Untuk sementara lokasi CFD hanya bagi aktivitas olahraga masyarakat.

 

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih membahas rencana membuka stand bagi pelaku UMKM di area Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pihaknya masih membahas rencana tersebut bersama instansi terkait.

 

 

Masyarakat Kota Pekanbaru kembali beraktivitas di Car Free Day di Jalan Sudirman/Laras Olivia/RIAUONLINE.

 

"Belum dibuka, tapi dinas terkait seperti Satpol PP, Perhubungan, Kebersihan dan Perkim, serta Disperindag masih rapatkan," jelas Ingot.

 


Menurutnya, 300 tempat bakal disiapkan bagi pelaku UMKM. Mereka masih mempersiapkan penataan pelaku UMKM di area CFD. 

 

 

Ada rencana pelaku UMKM bisa mulai berjualan di area CFD pada awal Juli 2022 mendatang. Mereka bisa mendaftarkan diri ke Disperindag Pekanbaru melalui panitia.

 

"Jadi tergantung kesiapan OPD-OPD. Ada sekitar 300 an pelaku UMKM. Kita buat lokasinya di Jalan Cut Nyak Dien, dan disamping Pustaka Wilayah, leter U," paparnya.

 

Kegiatan Car Free Day (CFD) di Kota Pekanbaru berlangsung secara bertahap mulai, Minggu 12 Juni 2022. Tahap awal hanya ruang untuk olahraga dsn aktivitas bagi masyarakat.

 

Lokasinya yakni di Fly Over pertigaan Jalan Tuanky Tambusai- Jalan Jenderal Sudirman. Area CFD hingga u turn depan Star City.

 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso menyebut bahwa ruas jalan itu merupakan area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

 

 

Dirinya mengatakan bahwa aktivitas UMKM di area CFD belum bisa buka. Ada petugas nantinya bakal menertibkan pedagang yang tetap berjualan di lokasi.