Petani Makin Menjerit, Harga TBS Kelapa Sawit di Kuansing Kembali Anjlok

Tandan-Buah-Segar6.jpg
(infosawit.com)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kembali anjlok. Harga TBS petani sawit swadaya kini hanya Rp 1.500 per kg.

"Satu minggu lalu harga masih Rp 1.750 per kg, dan Kamis kemarin anjlok jadi Rp 1.500 per kg," ujar Roni, petani sawit asal Kenegerian Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Jumat, 17 Juni 2022.

Dari keterangan toke, Roni menyebut, harga TBS mengalami penurunan.

"Toke sekarang ngambil Rp 1.500 per kg, kalau harga pabrik kabarnya juga lagi turun," ujar Roni.

Anjloknya harga TBS kelapa sawit di Kuansing beberapa bulan terakhir membuat petani sawit makin menjerit, ditambah harga pupuk yang sangat mahal saat ini.

 


 

Kabarnya, saat ini harga TBS kelapa sawit di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kuansing anjlok di bawah Rp 2 ribu per kg. Harga TBS sawit di sejumlah PKS di Kuansing berkisar Rp 1.640 per kg - Rp 1.720 per kg.

Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kuansing, Emmerson mengatakan pihaknya sedang menyurati seluruh PKS untuk mengawasi harga TBS sawit oleh pemerintah di PKS yang ada di Kuansing.

"Sekarang sedang kita surati agar seluruh PKS yang ada melaporkan harga TBS sawit setiap hari kepada pemerintah," kata Emmerson dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 17 Juni 2022 siang.

 

 

Surat tersebut kata Dia, sudah dibuat dan hari ini Jumat, 17 Juni 2022, akan segera diedarkan ke setiap PKS yang ada di Kuansing.

"Ke depan PKS yang ada agar melaporkan harga TBS sawit kepada pemerintah," katanya.