Cari Kerja? Intip 5 Tips Ampuh Agar CV Kamu Dilirik HRD

Ilustrasi-cari-kerja.jpg
(Shutterstock via Tempo.co)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tidak bisa dipungkiri, salah satu langkah awal untuk bisa bekerja di perusahaan impian adalah dengan melampirkan Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan jujur pada saat melamar. HRD akan menyeleksi CV terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses rekrutmen berikutnya.

CV yang menarik, jujur dan jelas akan memudahkan HRD pada saat melakukan seleksi tahap awal. CV bertujuan untuk menunjukkan kemampuan juga kompetensi yang Anda miliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Profil serta garis besar kehidupan dan pengalaman bekerja kamu juga tergambarkan di dalamnya, yang mana hal tersebut dijadikan sebagai referensi bagi pihak perusahaan yang akan mewawancarai kamu .

Oleh karena itu, banyak fresh graduate alias lulusan baru perguruan tinggi yang berlomba-lomba membuat CV sekreatif, mungkin dengan harapan bisa dilirik oleh HRD. Tidak hanya untuk mencari pekerjaan, CV juga berguna untuk mendaftar beasiswa atau sekedar organisasi di kampus.

Berikut ini adalah tips membuat CV menarik agar dilirik HRD:

1. Lampirkan Identitas Diri dalam CV

Tips membuat CV yang pertama adalah melampirkan data diri yang berupa nama diri, tempat tanggal lahir, serta pendidikan terakhir yang sudah ditempuh. Dalam penulisan identitas tidak dianjurkan untuk menyematkan pendidikan dari jenjang awal yaitu TK, SD, SMP, dan SMA.

Pada umumnya, Ketika kamu membuat CV, konten yang di dalamnya adalah sebagai berikut:

- Identitas Diri (nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email)

- Pendidikan (pendidikan terakhir, jurusan dan IPK)


- Personalitas (gambaran singkat karakter diri kamu)

- Keterampilan (keterampilan yang kamu miliki)

- Proyek dan Pengalaman Kerja (hal yang sudah kamu selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan)

- Training/Pelatihan Terbaru (pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir)

- Informasi lain tentang Diri kamu (hobi, referensi atau hal lain tentang diri kamu yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar)

- Usahakan menuliskan CV dengan singkat namun lengkap.


2. Deskripsikan Diri dengan Singkat dan Menarik

Apabila identitas diri sudah dilampirkan maka selanjutnya adalah membuat penjelasan mengenai diri. Berikan gambaran diri seperti kepribadian, kegemaran, aktif dalam kegiatan apa saja yang telah kamu ikuti. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu dapat mendeskripsikannya sesuai dengan tujuanmu dalam melamar di perusahaan tersebut.

Tuliskan kemampuan apa yang kamu miliki dan persiapkan untuk perusahaan tersebut. Tentunya kamu hanya perlu menuliskannya secara ringkas dan hindari deskripsi panjang lebar.

 

3. Berikan Penjelasan Mengenai Keahlian Utama dan Pendukung

Setiap recruiter pasti ingin memperdalam keahlian yang dimiliki para pelamar. Oleh karenanya, tuliskan keahlian apa saja yang Kamu miliki, tentunya keahlian ini harus disesuaikan dengan kapasitasmu. Kamu dapat mengembangkannya dari pengalaman-pengalaman yang sudah kamu dapat. Untuk mencantumkan keahlian, kamu tidak perlu menganggap bahwa keahlian haruslah yang sulit dikerjakan.

Untuk menuliskan keahlian, tentu harus memiliki korelasi dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Oleh karena itu perlu dilakukan riset sederhana pada perusahaan tersebut, hal tersebut tentunya akan membantumu untuk menuliskan deskripsi dalam Curriculum Vitae.


4. Cantumkan Kontak yang Profesional

Informasi kontak yang berupa nomor telepon, whatsapp, email, agar recruiter dapat menghubungi kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan media sosial yang kamu punya seperti facebook dan instagram, akan tetapi alangkah lebih baiknya jika kamu hanya mencantumkan media sosial yang kamu gunakan untuk karyamu atau sebagai pendukung dirimu untuk perusahaan yang dituju.

Meski terkesan remeh, namun pencantuman kontak menunjukkan profesionalitas dan memudahkan recruiter untuk menghubungi pelamar apabila ada tindak lanjut terhadap draft Curriculum Vitae yang dikirim.


5. Buat Penjelasan Dalam CV Menjadi Sederhana

Seringkali kita membaca Curriculum Vitae pada deskripsi diri dengan penjelasan yang panjang dan rumit atau biodata diri yang dituliskan secara lengkap mulai dari nama, tempat tanggal lahir, usia, agama, alamat, hobi, jenis kelamin, dan sejenisnya yang tentunya hal tersebut membuat Curriculum Vitae-mu akan malas dibaca. kamu hanya cukup menuliskan biodata dengan disesuaikan kepentingan seperti nama dan tempat tanggal lahir saja.

Kamu juga dapat mendeskripsikan dirimu sesuai dengan data dirimu dan pengalaman yang sudah kamu dapat.