Seekor Gajah Masuk Camp Pertamina Hulu Rokan di Duri

Gajah-masuk-camp.jpg
(Istimewa)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seekor gajah berumur 20 tahun diberi nama Getar, memasuki komplek Pertamina Hulu Rokan di Duri, Kabupaten Bengkalis.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Hartono mengatakan, gajah masuk ke dalam kawasan camp Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada Senin, 13 Juni 2022.

“Gajah di camp PHR itu masuk sejak hari Senin, gajah bernama Getar umur 20 tahun jenis kelamin jantan,” jelasnya, Kamis, 15 Juni 2022.

Hartono menambahkan, saat ini tim BBKSDA Riau sedang berupaya untuk menggiring gajah menuju habitatnya. Dirinya menyebut, tim mendapatkan sejumlah kendala karena tidak memungkinkan menggunakan petasan untuk menghalau gajah liar tersebut.

“Saat ini tim sudah berupaya untuk menghalau gajah kembali ke habitatnya, kebetulan di belakang camp itu ada Hutan Talang, salah satu bagian dari SM Balai Raja,” sebut Hartono.


Dalam upaya penggiringan Getar, tim BBKSDA tidak menggunakan petasan atau mercon karena tidak memungkinkan.

 

 

“Apabila dalam beberapa hari kedepan gajah tidak bisa kita halau maka kita akan ambil langkah yaitu turunkan gajah jinak. Artinya satwa gajah yang saat ini berada di camp Duri akan kita evakuasi pakai gajah jinak,” tuturnya.

Plh Kepala BBKSDA Riau ini menyebut, penyebab Gajah bernama Getar ini masuk ke dalam kawasan komplek PHR karena kawasan tersebut salah satu home ring gajah kelompok Giam Siak Kecil.

Selain itu, dirinya mengungkapkan, beberapa waktu lalu gajah yang sama pernah masuk ke dalam lapangan golf di kawasan tersebut.

“Kenapa gajah Getar ini masuk camp karena area camp sekitar itu adalah salah satu home ring gajah kelompok GSK, memang beberapa waktu lalu gajah juga pernah masuk lapangan golf di sana, jadi itu adalah areal jelajah gajah,” tutupnya.