Biang Kerok Meroketnya Harga Cabai, Kadisperindag Riau: Harga Pupuk Mahal

Cabai-rawit6.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Naiknya harga cabai merah dalam beberapa minggu terakhir ini cukup meresahkan masyarakat Pekanbaru, khususunya Ibu Rumah Tangga (IRT)

 

Menanggapi kondisi tersebut, Kadisperindag Riau Taufiq OH mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kabupaten/kota se-Riau dan bertanya langsung ke petani.

 

Melambungnya harga pupuk dipicu menjadi penyebab sejumlah harga bahan pokok di Riau mengalami lonjakan.

 

"Harga pupuk itu naik, jadi memang kami pun masih coba berkoordinasi dengan kabupaten/kota terkait hal ini. Memang kita mencoba cari solusi, karena dari minggu lalu ada kecenderungan naik harga," ujar Taufik, Rabu 15 Juni 2022.

 

Taufiq menuturkan, pihaknya akan mencari tau lebih dalam, selain harga pupuk, apakah ada faktor lain seperti pasokan yang kurang atau gagal panen.

 


"Tapi dari informasi yang kami dapat, itu karena harga pupuk naik. Makanya kami sedang coba diskusikan, dan cari solusinya," tandasnya.

 

Sementara itu, pedagang di Pasar Selasa Panam, Roy membenarkan naiknya harga cabai di pasaran disebabkan harga pupuk yang ikut melonjak.

 

 

Selain itu adanya pengaruh cuaca juga menyebabkan para petani gagal panen.

 

"Para petani gagal panen semuanya, karena cuaca dan pupuk mahal. Sekarang ini petani pada menjerit. Ke depannya kita juga tidak tau gimana kondisinya, kalau hujan pasti makin naik lagi," pungkasnya.