Jangan Kelewaatan, CFD di Pekanbaru Dibuka Lagi, Catat Tanggalnya

Car-free-day.jpg
(Infopublik)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kegiatan Car Free Day (CFD) di Kota Pekanbaru rencananya bakal kembali digelar. Gelaran CFD sempat terhenti sejak pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2020 silam.

Penerapan kembali Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ini rencananya dibuka pada pertengahan Juni 2022 ini. Area CFD bakal berlangsung jelang momen HUT Pekanbaru ke 238.

"Ada kemungkinan 12 Juni atau 19 Juni nanti kita mulai gelar CFD," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Jumat 10 Juni 2022.

Dirinya menyebut bahwa jadwal digelarnya CFD menanti hasil rapat Forkopimda dan satgas Covid-19. Menurutnya, penyelenggaraanya masih dibahas melihat perkembangan kasus Covid-19.

"Teknisnya karena di ruang terbuka, bakal kita agendakan seperti biasanya," terangnya.

Mantan Camat Rumbai Pesisir ini mengatakan bahwa area HBKB berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Lokasinya di fly over pertigaan Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Jenderal Sudirman hingga Star City.

"Jadi masyarakat bisa memanfaatkan CFD untuk berolahraga, bagi yang vaksin lengkap sudah buka masker di area CFD," paparnya.


 

 

Ada sejumlah rangkaian agenda dalam HUT di antaranya aneka lomba, festival hingga bakti sosial. Agenda rutin seperti ziarah ke makam Marhum Pekan, upacara di Komplek Perkantoran Tenayan Raya hingga rapat paripurna di DPRD Kota Pekanbaru.

"Bakal kita gelar juga panggung rakyat, festival, bakti sosial dan agenda lainnya," ujarnya.

Selain itu, juga aneka lomba di tingkat kecamatan. Kemudian ada layanan bus TMP gratis selama tiga hari. Masyarakat bisa menikmatinya mulai dari satu hari sebelum, saat puncak HUT dan sehari setelah HUT.

"Ada juga city tour bus keliling Kota Pekanbaru, dengan mengunjungi sejumlah tempat bersejarah," jelasnya.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pekanbaru juga bakal membuka layanan pengurusan administrasi penduduk bagi masyarakat difabel pada momen HUT Pekanbaru.

Yuliarso mengajak masyarakat untuk ikut memeriahkan helat HUT Pekanbaru pada tahun ini. Tema HUT ke 238 Pekanbaru yakni Pekanbaru Bertuah Bangkit Bersinergi Menuju Smart City Madani.