Pesona Kirab Drumband Taruna AAU Bikin Warga Pekanbaru Terpukau

Drumband-Taruna-AAU.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Genderang  kirab dan display Drumband Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) mulai terdengar di sepanjang Jalan Sudirman, disambut riuh masyarakat Pekanbaru yang sedari tadi menunggu di titik kumpul Kantor Gubernur Riau. 

 

Selepas Ashar dengan terik yang masih menusuk tubuh tak mengurungkan niat masyarakat untuk hadir. Sebagian dari mereka bahkan sudah memadati tortoar demi menyaksikan pertunjukan itu lebih dekat. 

 

Masyarakat menyambut dengan riang, begitu pula 119 personil Drumband Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) yang tetap bersemangat memainkan alat musiknya meski keringat telah bercucuran. 

 

Tak terkecuali, Monica. Gadis asal Malang dengan anggun namun tetap lugas membolak-balikkan tongkat mayoret miliknya. Senyumnya yang merekah seolah mematahkan mentari sore itu.

 

Monica mengatakan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan dari Akedemi Taruna dengan sebutan Cakra Wahana Paksa dan kali ini Pekanbaru menjadi kota tujuannya.

 


"Sebenarnya ini termasuk giat rutin dari Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) 

yaitu Cakra Wana Paksa. Kita latihan navigasi udara jadi kita naik pesawat turun di daerah tujuan salah satunya Pekanbaru.

Sekalian dengan mempertunjukkan drumband agar tidak hanya masyarakat Jogja saja yang tau tapi masyarakat di seluruh Indonesia," ujarnya saat ditemui Riauonline.coi.d, di sela-sela berakhirnya acara, Senin 30 Mei 2022.

 

Monica menyebut butuh dua minggu lamanya ia dan rekan-rekan mempersiapkan penampilan ini. Tentu latihan yang singkat bagi orang awam dengan hasil yang menakjubkan.

 

"Kami mempersiapkannya baru 2 minggu lalu. Persiapan untuk kirab dan display dengan total 119 orang," tuturnya. 

 

Lagi-lagi acara semakin meriah tatkala tiga pesawat tempur canggih milik Indonesia F-16 Fighting Falcon mengitari langit biru Pekanbaru. Ribuan mata tertuju ke sana. Anak-anak kecil yang diboyong orang tuanya bertepuk tangan. 

 

 

 

 

Pemerintah Provinsi Riau sebagai tuan rumah dalam acara ini menyambut bangga atas antusias masyarakat. Diwakili

Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Joni Irwan berharap generasi muda bisa termotivasi dan terpancing untuk bergabung di Akademisi Militer  khususnya Angkatan Udara. 

 

"Terimakasih Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) telah memberikan motivasi yang sangat luar biasa bagi generasi muda. Mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini generasi penerus punya niat yang tinggi untuk masuk ke Akabri, khususnya di Angkatan Udara," harapnya.

 

Ucapan terimakasih juga dilontarkan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara, Marsekal Pertama Palito Sitorus. Sambutan yang hangat dari Kota Pekanbaru meneduhkan hatinya. Perasaan senang, bangga dan haru menyatu jadi satu.