Ulama Besar Asal Sumbar Meninggal, Azlaini: Indonesia Kehilangan Putra Terbaiknya

Buya-Syafii2.jpg
(Kompas.com/Kusuma Wijaya)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Ulama asal Sijunjung, Sumatera Barat, Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii meninggal dunia.

Buya Syafii meninggal di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Yogyakarta, Jumat, 27 Mei 2022 sekitar pukul 10.15 WIB.

Meninggalnya Buya Syafii tentu meninggalkan luka mendalam bagi umat Islam terutama PP Muhammadiyah. Pasalnya ,ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah.

Menanggapi hal ini, tokoh Muhammadiyah Perempuan Riau, Azlaini Agus turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Buya Syafii.

"Buya Syafii Maarif adalah seorang negarawan yang mampu menempatkan diri di atas semua kelompok, mampu merajut semua perbedaan," ujar Azlaini Agus kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 27 Mei 2022.

Menurut Wanita yang akrab disapa Bunda ini, Buya Syafii merupakan seorang cendekiawan Islam yang memiliki wawasan luas dan pandangan jauh ke depan.


"Sungguh hari ini Bangsa Indonesia kehilangan seorang Putra terbaiknya," tutup Azlaini Agus.

 

 

Sebelumnya Buya Syafii diketahui terkena serangan jantung ringan sejak Maret lalu. Saat itu dia sempat menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman.

Setelah dirawat selama sekitar 2 pekan, kondisi Buya Syafii akhirnya membaik dan diperbolehkan pulang ke rumah.

Namun, Buya Syafii kemudian kembali harus dilarikan ke rumah sakit yang sama pada Mei ini. Dia mengalami sesak napas, diduga masih terkait dengan serangan jantung yang dideritanya dua bulan sebelumnya, hingga akhirnya meninggal dunia.

Pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah yang berlokasi di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.