Disperindag Kelola Sementara Pasar Bawah Jelang Kemitraan Baru

Ingot-Ahmad-Hutasuhut8.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pengelolaan Pasar Bawah saat ini diambil alih Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag). Kerjasama pengelolaan Pasar Bawah dengan pihak pengelola pertama telah berakhir tanggal 16 Mei 2022.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menyebut, Berita acara serah terima pengelolaan Pasar Pariwisata Pasar Bawah pun telah diserahkan. Sebelumnya Pasar Bawah dikelola pihak ketiga yakni, PT Dalena Pratama Indah.

"Berita Acara serah terima sudah diserahkan, dan efektinya (ambil alih kelola) memang mulai tadi malam. Tapi karena malam kan sudah tutup, jadi tadi pagi kita sudah tempatkan petugas kita di situ," jelas Ingot, Selasa 17 Mei 2022.

Dirinya mengatakan, kepala daerah selaku pemilik aset sudah menugaskan kepada Disperindag. Pengelolaan sementara saat ini menjelang terpilihnya pengelola baru.


"Kita ditugaskan untuk melakukan pengelolaan sampai dengan kita menentukan pengelola Pasar Bawah. Hari ini kan Pasar Bawah kita kelola masih kerja sama dengan pihak ketiga," paparnya.

Ia menyebut, saat ini masih dalam proses pemilihan mitra. Mereka akan serah terima Pasar Bawah jika telah ditetapkan pengelola yang baru.

 

Ingot memperkirakan, proses pelelangan kerja sama pengelolaan Pasar Bawah tidak sampai satu bulan. "Awal-awal Juni mungkin sudah ada pemenang, dan proses lain sedang kita selesaikan secepatnya," sebutnya.

Menurutnya, saat ini sudah sampai pada tahap verifikasi pengelola. Ada tiga pengelola yang mendaftar untuk mengelola pasar tersebut, yakni PT Ali Akbar Sejahtera, PT Devario Multi Karya dan PT Total Bangunan Sejahtera.