Kabar Baik, Tidak Ada Penyekatan di Pekanbaru Selama Libur Lebaran

Yuliarso6.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru memastikan tidak ada penyekatan ruas jalan selama libur lebaran Idulfitri 1443 H. Peniadaan penyekatan ini baik di pintu masuk Pekanbaru maupun di dalam Kota Pekanbaru.

 

Pada libur lebaran tahun 2022 ini, Dishub Pekanbaru bersama forum lalulintas hanya melakukan pemantauan pada pos pantau dalam kota. Mereka memastikan agar lalulintas kendaraan selama libur lebaran berjalan lancar.

 

"Tidak ada lagi, kita di Pekanbaru tidak ada lagi pos penyekatan. Tapi pos-pos pengawasan," ujar Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, Rabu 27 April 2022.

 

Menurutnya, pos pengawasan ini bakal didirikan di sejumlah titik. Mulai dari pelabuhan Sungai Duku, di depan Sukaramai Trade Center (STC), di depan Purna MTQ Pekanbaru.

 


Yuliarso menyebut, guna kelancaran lalulintas kendaraan pihaknya juga bakal melakukan rekayasa lalulintas pada titik tertentu. Rencananya untuk ruas Jalan Jenderal Sudirman ada penutupan dua U-Turn (tempat berputar arah).

 

Ada juga rekayasa lalulintas di ruas Jalan Riau. Rencananya pada jalan itu bakal dibuka hanya untuk satu arah. Dishub Pekanbaru bersama Satlantas Polresta Pekanbaru tengah melakukan sosialisasi terkait rekayasa lalulintas ini. 

 

Yuliarso mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas dilakukan guna antisipasi kemacetan mudik lebaran. Ia menilai, kemacetan kini sudah mulai terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman saat jam tertentu.

 

"Kita sudah lakukan simulasi, sudah uji coba. Kita ada alat untuk simulasi rencana ini. Tinggal koordinasi saja lagi," paparnya.