Festival Perahu Baganduang di Kuansing Bakal Digelar Pada Lebaran ke-6

Festival-Perahu-Baganduang.jpg
(Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN- Kabar gembira, Pemerintah Kabupaten Kuansing, Riau bakal menggelar Festival Perahu Baganduang pada lebaran ke-6 atau tepatnya pada Sabtu, 7 Mei 2022 mendatang.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Azhar mengatakan, acara festival perahu baganduang sudah dianggar pada APBD Kuansing tahun 2022.

"Sudah disetujui pak Plt Bupati, kalau acara festival perahu baganduang nanti digelar pada 7 Mei 2022," kata Azhar dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 21 April 2022.


Seperti biasa festival perahu baganduang nanti akan digelar di Topian Muko Lobuah, Desa Banjar Padang, Kecamatan Kuantan Mudik. Ini merupakan salah satu tradisi dan budaya milik masyarakat sekitar Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik dan juga dikenal dengan tradisi manjopuik limau.

"Anggaran untuk kegiatan ini sekitar Rp 39 juta belum dipotong pajak. Jadi sudah ada peruntukannya mulai sewa tenda, sewa sound, kursi, konsumsi dan lainnya," kata Azhar.

 


 

Festival ini cukup unik dengan tampilan gulang-gulang yang diapit dua atau tiga buah jalur dan ditampilkan diatas sungai batang kuantan. Festival ini  juga mengundang perantau untuk balik kampung.