Sulit Kirim WhatsApp di Perkantoran Tenayan, Pemko MoU dengan Telkomsel

Pemko-Pekanbaru-dan-Telkomsel.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kondisi jaringan internet dan telepon di kawasan Perkantoran Tenayan masih belum optimal. Padahal ada ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) beraktivitas di sekitar perkantoran itu setiap harinya.

Aktivitas para ASN di Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru di Tenayan Raya membutuhkan akses internet. Masyarakat yang datang ke perkantoran juga membutuhkan jaringan telekomunikasi yang memadai

"Kalau saya mau kirim pesan lewat WhatsApp itu, loadingnya lama. Orang menghubungi lewat telepon juga belum lancar," jelas Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Jamil, Selasa sore 19 April 2022.

Jamil mengatakan bahwa jaringan telekomunikasi merupakan suatu kebutuhan sekarang ini. Ia menyadari bahwa jaringan yang ada sekarang belum memadai. Pemerintah Kota Pekanbaru pun menjalin kerjasama dengan Telkomsel.

"Sehingga kita membutuhkan jadingan lebih luas dan memadai, maka kita minta Telkomsel bisa membantu optimalkan jaringan di Tenayan ini," paparnya.

Kerjasama ini meliputi pemasangan dan penempatan perangkat bergerak sementara. Mereka juga menandatangani kesepakatan bersama terkait pelayanan jaringan seluler yang ada di Perkantoran Tenayan Raya.

Jamil menyebut kerjasama yang terjalin bakal mengalami evaluasi dalam tiga bulan ke depan.Nantinya bakal ada mekanisme lanjutan seperti pembuatan tower atau alat guna mendukung jaringan telekomunikasi di tenayan.


"Kita minta kepada Telkomsel, supaya ada tower khusus atau permanen. Untuk sekarang masih mobile combat saja untuk mempercepat agar jaringan internet dan telekomunikasi memadai," ujarnya.

 

GM Network Development and Control Area Sumatera Telkomsel, Ustrik Lanov Z Titus mengaku senang karena perjanjian kerjasama akhirnya bisa terlaksana. Ia berharap nantinya bisa mendukung jaringan telekomunikasi di wilayah Perkantoran Tenayan Raya.

"Kami siap mendukung kebutuhan sinyal dan program digital di pemerintah kota," paparnya.