Selamat, SMKN 2 Teluk Kuantan Masuk SMK Pusat Keunggulan di Riau

Arman-Yulis2.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing, Riau terus berinovasi menjadi sekolah terbaik di Kuansing dan umumnya Riau.


Terbaru, sekolah yang dulu dikenal dengan nama sekolah menengah atas (SMEA) ini masuk dalam SMK Pusat Keunggulan di Provinsi Riau.

"Di Riau kalau tidak ada salah ada 11 SMK yang masuk program SMK PK, termasuk SMKN 2 Teluk Kuantan," ujar Kepala SMKN 2 Teluk Kuantan, Arman Yulis kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 19 April 2022.

Program SMK Pusat Keunggulan sendiri merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan.



Program yang dibentuk Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) ini telah berjalan tiga tahun terakhir pertama kali dibentuk 2020 lalu dengan tujuan membangun SMK berkualitas.

Arman mengatakan, dari lima jurusan yang ada di SMKN 2 Teluk Kuantan, pihaknya mengajukan satu jurusan yakni jurusan perhotelan dalam program SMK Pusat Keunggulan ini.


 

Menurut Arman, selain masyarakat antusias menyekolahkan anaknya masuk jurusan perhotelan, Kuansing sendiri termasuk daerah tujuan wisata. "Kita memang tidak memiliki hotel mewah disini, tapi daerah kita merupakan salah satu daerah tujuan wisata," kata Arman.

Dengan adanya jurusan perhotelan di SMKN 2 Teluk Kuantan telah membuka peluang kerja bagi generasi muda. Ditambah anak-anak SMKN 2 Teluk Kuantan antusias sekali magang di hotel berbintang.