Pipa PDAM Pecah, Air Masih Menggenang di Jalan Cempaka dan Teratai

Pipa-bocor2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pipa PDAM Tirta Siak Pekanbaru di perempatan Jalan Cempaka-Jalan Teratai rusak parah. Kerusakan pasca galian Instalasi Perpipaan Air Limbah (IPAL) di kawasan tersebut.

Akibatnya air masih menggenang di jalan sejak dua pekan ini. Proses perbaikan masih berlangsung hingga kini karena banyak pipa PDAM di sekitar ruas jalan itu yang mengalami kerusakan.

"Masih ada yang rusak, belum semua kita perbaiki. Namun sudah ada yang kita perbaiki," ujar GM Teknik PDAM Tirta Siak Pekanbaru, Endrianto.

Dirinya mengaku proses perbaikan pipa PDAM yang rusak masih belum sempurna. Ia menyebut bahwa perbaikan dilakukan secara bertahap tergantung ketersediaan alat.

Lanjutnya, proses perbaikan pipa PDAM di sekitar Jalan Cempaka tuntas. Ia mengaku ketersediaan alat untuk menopang perbaikan ini juga mempengaruhi durasi perbaikan.

Air yang menggenang disebabkan oleh air yang terus terpompa ke pipa jaringan di kawasan itu. Ia mengakui bahwa air yang terpompa ke kawasan itu belum bisa menjangkau sambungan rumah.


"Jadi tergantung kebocoran, setiap diperbaiki bertambah kekuatan air untuk pelanggan," paparnya.

Endrianto memastikan bahwa pelanggan yang tidak bisa mengakses air PDAM selama proses perbaikan bakal mendapat suplai dari mobil tangki. Mereka membawa pasokan air dengan mobil tangki setiap harinya.

Ia menyebut bahwa proses galian IPAL di kawasan tersebut sudah tuntas. Mereka juga bertanggung jawab dampak galian  terhadap pipa PDAM.