Orang Terlantar di Pekanbaru Kebanyakan Asal Sumatera Utara

Gepeng8.jpg
(Dok Dinsos)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Orang terlantar masih banyak ditemukan di Kota Pekanbaru. Sebagian besar mereka berada di sejumlah ruas jalan di ibu kota Provinsi Riau ini.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru mendata, sebagian besar orang terlantar berasal dari Provinsi Sumatera Utara. "Kebanyakan dari Medan," ujar Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus, Jumat 15 April 2022.

Idrus mengatakan, mereka dianggap terlantar lantaran betul-betul tidak punya tempat tinggal di Pekanbaru. Mereka juga tidak punya keluarga di Pekanbaru. "Tentu kalau dia tidak punya tempat tinggal dan keluarga, dia juga tidak punya KTP Pekanbaru," jelasnya.


Dinsos juga menemukan ada orang terlantar dan jatuh sakit. Kebanyakan dari mereka tidak ada yang mengurus, sehingga Dinsos membawa ke Rumah Sakit Pemerintah.

"Dia sakit, tidak ada yang mau mengobati. Contoh dia warga Pekanbaru, tapi tidak ada yang mengurus, orang seperti ini kita masukkan ke Rumah Sakit," kata Idrus.

Pihaknya pun sudah mendata orang terlantar yang tidak memiliki KTP Pekanbaru. Dinsos bakal melakukan upaya pendekatan bagi mereka yang masih punya keluarga di Pekanbaru.

"Tapi kalau keluarga dia di luar kota, kita laporkan ke Dinsos Provinsi, nanti Dinsos Provinsi yang memberangkatkan mereka ke Provinsi yang dia tuju," paparnya.

Mereka yang sehat akan segera dipulangkan. Bagi yang masih memberlakukan perawatan, mereka bakal dirawat sementara di RS Petala Bumi. "Kalau ODGJ kita bawa ke RSJ, baru nanti cari keluarganya," tutupnya.