Sejumlah Warga Sail Ngemis di Jalan Diponegoro Ternyata Terdaftar Bantuan PKH

Gepeng2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Keberadaan pengemis makin menjamur di Kota Pekanbaru. Mereka kerap mangkal di ruas Jalan Diponegoro. Tak hanya orang dewasa, ada juga yang membawa serta anak mereka.

Kepala Dinas Sosial Pekanbaru Idrus, mengatakan, pengemis di Jalan Diponegoro kembali ramai terutama pada sore hari jelang berbuka puasa.

Padahal, sebagian besar para pengemis itu ternyata terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).


Hal tersebut diketahui usai tim melakukan penertiban sebelum memasuki Ramadan 1443 H. Dinsos bersama Satpol PP melakukan penertiban dan berhasil mengamankan sebanyak 32 pengemis di Jalan Diponegoro.

"Mereka yang kita amankan kemarin sebagian besar warga Sail dan juga terdaftar sebagai penerima bantuan PKH. Sudah dapat bantuan dari pemerintah, masih juga minta-minta di jalanan," jelas Idrus, Kamis 7 April 2022.

Ia memastikan tim bakal melakukan penertiban lanjutan. Dinsos berkoordinasi dengan Satpol PP, Polresta dan Kodim 0301 agar bisa memberikan bantuan personel guna menertibkan gelandangan dan pengemis (gepeng) di seluruh ruas jalan.

"Dalam beberapa hari ke depan kita akan duduk bersama, karena kami dari dinas tidak bisa bergerak sendiri, maka kita minta bantu. Kita perlu dibantu karena ini kan menyangkut kententraman dan ketertiban umum," paparnya.