13 Kali Kebakaran Lahan Sudah Terjadi di Pekanbaru Sejak Januari-April 2022

Kebakaran-hutan-dan-lahan8.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Secara kumulatif terdapat belasan kejadian kebakaran lahan di Kota Pekanbaru. Ada 13 kejadian kebakaran lahan terjadi dari rentang Januari hingga April 2022.

Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menyebut, kebanyakan lahan yang terbakar berada di sejumlah kecamatan. Kebakaran lahan terjadi di Rumbai, Payung Sekaki dan Bina Widya.

Ia mengungkapkan, luas lahan yang terbakar selama hampir empat bulan ini mencapai sepuluh hektar. Ia menyebut bahwa seluruh kejadian kebakaran lahan sudah dapat teratasi.

"Kalau sekarang sudah padam semuanya, zero fire kita sekarang, agar tidak ada api," jelasnya.

Dirinya memastikan hingga Senin, 11 April 2022 di Kota Pekanbaru masih nihil titik api. Belum ada kebakaran lahan yang terjadi di Kota Pekanbaru.

"Hingga saat ini kita di Kota Pekanbaru masih zero titik api," jelasnya usai mengikuti rapat kordinasi penanganan Karhutla di Provinsi Riau.

Politisi PKS ini mengimbau masyarakat agar tidak membakar ketika membuka lahan baru. Ia mengingatkan masyarakat yang memiliki lahan gambut yang cukup luas bisa koordinasi dengan RT atau RW setempat.


 

 

"Nantinya lahan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, jangan sampai tidak terurus. Saat lahan terbengkalai bisa berpotensi terjadi kebakaran lahan bahkan puntung rokok bisa menyulut api," jelasnya.