Berpura-pura Menolong, Pelaku Curi Uang Fitria Rp 1,5 Juta, Modus Ganjal ATM

Ganjal-ATM2.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Aksi kejahatan dengan modus ganjal ATM terjadi di sebuah Toko Retail Jalan Bukit Barisan, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Jumat, 8 April 2022 sekitar pukul 17.30 WIB.

Pelaku yang belum diketahui identitasnya ini mencoba menawarkan bantuan kepada korban, Fitria yang mengaku kalau ATM miliknya tertelan saat hendak mengambil uang.

Berpura-pura membantu, pelaku malah menukar ATM korban yang PIN atm sudah diketahui. Saat korban balik pulang, tiba-tiba ada notifikasi lewat mobile banking kalau ada penarikan 1,4 juta telah dilakukan.

Kanit Reskrim Polsek Tenayan Raya, Iptu Bahari Abdi mengatakan saat ini masih melakukan penyelidikan terkait tindak kejahatan modus ganjal ATM ini.

"Jadi tadi sekitar pukul 17.30 WIB, korban atas nama Fitria hendak mengambil uang di Indomaret. Namun ATM Mandiri miliknya tak bisa dimasukan ke dalam mesin," ujar Iptu Bahari Abdi, Jumat, 8 April 2022.


Selanjutnya, datang seorang pria yang tidak dikenal menawarkan bantuan kepada korban. Korban lalu menyerahkan ATM kepada pelaku yang kemudian diduga ditukar oleh pelaku.

"Saat mencoba memasukkan ATM kembali,  pelaku menyuruh korban untuk memasukkan kode PIN namun mesin ATM menolak dengan alasan PIN ATM salah," terangnya.

 

 

 

Setelah tidak bisa digunakan, pelaku dan korban sama-sama keluar dari Indomaret. Saat korban pulang, ia menerima notifikasi  lewat sms (Mobile Banking) kalau ATM miliknya telah melakukan penarikan sejumlah Rp 1.450.000.

"Saat memeriksa kamera CCTV, pelaku diperkirakan berjumlah satu orang dan kita masih menyelidikinya," tutup Abdi.