Harga Bahan Pokok Masih Naik Turun di Pekan Pertama Bulan Puasa

Bahan-pokok2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Harga sejumlah bahan pokok belum stabil di bulan Ramadan. Kenaikan dan penurunan harga bahan pokok terjadi sejak Maret 2022. Bahan pokok ini meliputi beras, minyak goreng, gula, daging hingga komoditi pangan lainnya.

Harga cabai merah melonjak drastis dari harga Rp 40.000 menjadi Rp 45.000 perkilogram. Untuk awang merah kini dihargai Rp 33.000 perkilogramnya. Harganya naik dari minggu sebelumnya Rp 28.000 perkilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru mengklaim harga komoditi pangan di pasaran masih terkendali awal puasa ini. Ia menyebut, harga komoditi pangan di pasaran masih seperti menjelang memasuki Ramadan.

"Harga cabe dan minyak goreng masih fluktuatif. Minyak goreng menyesuaikan dengan harga perekonomian," jelas Ingot, Jumat 8 April 2022.


Ia memastikan pasokan bahan pokok yang ada saat ini bisa memenuhi kebutuhan pasar hingga tiga bulan ke depan. Tim DPP Kota Pekanbaru bakal memantau langsung gejolak harga di pasaran selama Ramadhan 1443 H.

"Kami ada agenda juga untuk turun ke lapangan, guna memastikan tidak ada gejolak harga. Kita pastikan harga terkendali," paparnya.

 

 

Ia menyebut, harga daging sapi juga sudah normal pada sejak pekan kemarin. Pasokan sapi dari Lampung untuk Kota Pekanbaru sudah mulai datang setelah sempat penyaluran terkendala.