Cegah Kelangkaan Solar, Nofrizal Minta Warga Dibekali kartu: Punya Kartu, Bisa Beli

Nofrizal10.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Nofrizal mengatakan, pihaknya menyarankan pemerintah untuk membuat kartu khusus bagi pengguna BBM berjenis solar. Hal ini dinilai sebagai solusi untuk mengatasi kelangkaan solar.

 

Pemerintah dan pihak terkait harus segera mengambil langkah yang konkret untuk mengatasi kelangkaan solar. Sebab, kelangkaan solar ini menimbulkan gejolak bagi masyarakat hingga berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok.

 

 

"Saya kira yang paling cocok itu diberikan semacam kartu penggunaan solar. Jadi ketika punya kartu, dia bisa beli solar. Kalau semua masyarakat itu beli solar, ya repot jadinya. Maka dari itu, dibutuhkan kartu khusus penggunaan solar," katanya, Rabu, 6 April 2022.

 

Politisi PAN ini juga mengatakan, dengan adanya kartu penggunaan solar ini, ketersediaan BBM jenis biosolar akan jauh lebih tepat sasaran. Penyalahgunaan solar bersubsidi bisa diminimalisir.

 

Jadi, baik angkutan barang, angkutan penumpang maupun angkutan toko lainnya itu bisa didaftarkan pakai legalitas. Misalkan angkutan barang itu kan ada PO, angkutan penumpang ada KIR.


 


"Kalau pemerintah mengumumkan akan ada kartu penggunaan solar itu, saya rasa sebentar saja dan tidak sulitlah. Nah, jadi nanti mobil pribadi itu tidak bisa memakai solar subsidi. Harus beralih, misalkan beralih ke Dexlite," pungkasnya.