Soal Rotasi AKD DPRD Riau, Fraksi Golkar Sebut Ada Kesepakatan Antar Fraksi

Karmila-Sari9.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rotasi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Riau semakin dekat, mengingat pelaksanaannya disinyalir dilakukan pada April 2022 ini.

Ketua Fraksi Golongan Karya (Golkar) DPRD Riau, Karmila Sari, menyampaikan pihaknya sudah membahas rotasi AKD dan menghasilkan kesepakatan antar fraksi.

"Sudah dibicarakan di seluruh fraksi, cuma Badan Musyawarah (Banmus) masih menyusun jadwal paripurna pengesahan AKD yang akan berotasi ini," ujarnya, Senin, 4 April 2022.


Karmila menuturkan perihal pimpinan AKD ke depan, yang diutamakan yakni pimpinan yang proporsional meski jika dilihat dari sudut pandang masing-masing akan ada kelebihan dan kekurangannya.

"Kalau dihitung dari 2019 kemarin, harusnya April 2022 ini sudah bisa dilakukan. Kan sesuai aturannya per 2,5 tahun. Cuma kemarin memang lagi sibuk mengutamakan LKPJ dan RPJMD," terang Karmila.

Sedangkan sebelumnya, Ketua Fraksi PKB DPRD Riau, Ade Agus Hartanto, juga mengatakan sebaiknya berfokus pada etos kerja dan kapabilitas dewab dalam menjalankan fungsi di komisi masing-masing.

"Harusnya yang jadi semangat bersama itu kinerja DPRD ini. Bukan semangat mendapatkan pimpinan AKD. Setiap AKD yang ada benar-benar berfungsi, tidak ada lagi AKD yang dengan kategori sekadar ada karena itu masih ada di lembaga DPRD ini," katanya.

Namun, Ade sempat mengatakan rotasi AKD DPRD Riau di 2022 ini berpotensi adanya perbedaan sikap antar fraksi sebagaimana yang terjadi pada 2019 lalu.

"Hasil dari musyawarah bisa menimbulkan kata mufakat dan bisa juga tidak. Ini semua lumrah dan wajar-wajar saja," terang Ade.