Firdaus Tetap Ngotot Berangkat Ke Mesir Jelang Habis Masa Jabatan, Ini Alasannya

Firdaus59.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus memantapkan perjalanan dinas ke Mesir. Ia melakukan perjalanan dinas jelang beberapa bulan berakhirnya masa jabatan kepemimpinan.

Firdaus menyebut bahwa keberangkatan ini terinspirasi dari 10 pemuda sarjana pertanian yang bisa mengolah tanah tandus. Mereka mengelola tanah tandus itu menjadi lahan subur untuk meningkatkan kesejahteraan.

Para sarjana itu juga bisa membangun sebuah desa dengan pola yang sama. Mereka juga menggandeng pemuda di sekitarnya untuk menciptakan ketahanan pangan.

"Mereka juga mampu membangun pendidikan dari anak usia dini hingga perguruan tinggi dengan semangat," ujar orang nomor satu di ibu kota Provinsi Riau.


Ia menjelaskan di Kota Pekanbaru sudah menerapkan strategi yang sama. Ia menyebut ada program ketahanan pangan lewat badan usaha PT Sarana Pangan Madani.

Firdaus mengajak kawula muda untuk mengembangkan sektor pertanian dan sektor UMKM. Apalagi Kawasan Industri Tenayan merupakan hilirisasi Crude Palm Oil (CPO).

"Kita harus bergerak. Kita pergi itu bagaimana bisa mengmbil kesempatan ini," jelasnya kepada awak media, Senin 28 Maret 2022.

Menurutnya, apa yang dilakukanya tersebut jelas menguntungkan. Ia menganalogikan secara matematika, kepergiannya ibarat mengeluarkan satu rupiah, tapi untuk mendapatkan seribu rupiah.

"Kita mengeluarkan satu rupiah untuk mendapatkan seribu rupiah. Itu rugi atau menang. Kalau kita tak mau mengelurkan satu rupiah, berarti kita tak dapat seribu rupiah," paparnya.