Lima Ribu Lebih Dosis Vaksin Astrazeneca Bakal Kedaluarsa

Vaksin-AstraZeneca2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 5.340 dosis vaksin AstraZeneca segera memasuki masa kedaluwarsa. Tim vaksinasi di Kota Pekanbaru pun harus menggesa vaksinasi.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mendata, ribuan dosis vaksin tersebut menyebar di sejumlah layanan kesehatan. Ribuan dosis vaksin ini bakal kedaluwarsa pada rentang 28 Februari 2022 hingga 23 Maret 2022.

Tim kesehatan harus menggunakan dosis vaksin tersebut, sebab seluruh vaksin itu tidak bisa digunakan bila sudah masuk kedaluwarsa.

"Kita sudah dapat perintah agar mengunakan vaksin ini sebelum habis masa kedaluwarsanya," tegas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Senin 22 Februari 2022.


Menurutnya, dosis vaksin yang akan memasuki masa kedaluwasa jumlahnya kurang dari sepuluh persen total pasokan vaksin saat ini. Ada puluhan ribu dosis vaksin yang tersedia.

Total pasokan vaksin yang tersedia di Kota Pekanbaru mencapai 59.744 dosis. Puluhan ribu dosis vaksin itu ada berbagai jenis. Ada vaksin jenis Coronavac sebanyak 46.172 dosis.

Ada juga 20 dosis vaksin jenis Biofarma, AstraZeneca sebanyak 5.340 dosis. Lalu 400 dosis vaksin jenis Janssen dan vaksin jenis Pfizer sebanyak 7.812 dosis.