Vaksinasi Bagi Lansia Terhambat Izin dari Keluarga

Vaksinasi-lansia6.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Capaian vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru belum mencapai target. Persentase capaian vaksinasi bagi lansia masih di bawah 70 persen.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut ada sejumlah kendala dalam tahapan vaksinasi lansia. Satu di antaranya yakni keluarga tidak mengizinkan orangtuanya yang lansia mendapat suntik vaksin.

"Capaian vaksinasi lansia kita masih di bawah 70 persen. Ini juga yang mau kita percepat," terang Firdaus, Senin 14 Februari 2022.

Ia pun mengingatkan tim dinas kesehatan dan puskesmas memberi pemahaman kepada keluarga agar keluarga bersedia lansia di rumahnya mendapat suntik vaksin.


"Jadi tim lapangan bisa memberi pengertian kepada keluarga, agar lansia di rumah bisa diberi suntikan vaksin," paparnya.

Capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Pekanbaru masih 63,77 persen dari total target sebanyak 52.769 orang. Ada sekitar 36,23 persen lansia lagi yang perlu mendapat suntikan vaksin.

Firdaus menyebut, tim membentuk unit pelayanan hingga ke rumah untuk mempercepat vaksinasi lansia. Ia mengingatkan bahwa vaksinasi ini bertujuan agar mencapai imunitas kelompok di tengah masyarakat.

Sementara, capaian vaksinasi dosis pertama bagi masyarakat secara umum di Kota Pekanbaru sudah 110, 12 persen. Sedangkan capaian vaksinasi dosis kedua 86,33 persen.