Marhum Pekan Layak Jadi Pahlawan Nasional, Ini Alasannya

soal-marhum-pekan.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru bakal mengajukan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau dikenal Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional pada Maret 2022.

Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menyebut, lahirnya Kota Pekanbaru tidak lepas dari peran Marhum Pekan. Gagasannya membuat sebuah pekan baru di Senapelan kini membuat Kota Pekanbaru menjelma sebagai satu kota besar di Pulau Sumatera.

"Ya, kita sampaikan bahwa karya nyata Marhum Pekan adalah Kota Pekanbaru. Keberadaan Marhum Pekan juga berkontribusi kepada masyarakat di luar Riau," jelas Ayat usai seminar daerah pengusulan Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional, Rabu 9 Februari 2022.

Ayat mengatakan, peran Marhum Pekan sebagai Sultan Kelima Kerajaan Siak punya andil besar dalam perkembangan ekonomi masyarakat di Sumatera Timur. Tak cuma itu, Marhum Pekan sebagai sultan juga punya peran membangun akses jalan dari Taratak Buluh ke Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.


"Kita akan lakukan penelusuran lebih lanjut terkait peran Marhum Pekan terhadap daerah lainnya di luar Riau. Jadi peran Marhum Pekan sangat besar bagi masyarakat," jelasnya.

Seminar daerah ini merupakan satu tahapan pengajuan Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional. Seminar daerah ini juga menghadirkan sejumlah pembicara.

"Setelah seminar daerah, nanti pak wali kota menyurati gubernur untuk memohon dukungan. Usulan tersebut diajukan ke pemerintah pusat, jadi nanti ada seminar nasional juga," ulasnya.

Ayat menuturkan, banyak arahan dari pembicara dan juga peserta seminar. Ia menyebut, masukan tersebut bakal menyempurnakan usulan Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional.