Sampah Berserakan di Ruas Jalan Kota, Warga Kesal Belum Ada Solusi

Tumpukan-sampah-Februari.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tumpukan sampah terlihat di ruas Jalan Tengku Zainal Abidin, Kota Pekanbaru. Tak cuma menumpuk, sampah-sampah tersebut meluber hingga setengah badan jalan.

 

Pantauan riauonline.co.id, kebanyakan sampah plastik dan sampah rumah tangga dibuang di sana. Aroma tak sedap pun menyeruak dari sampah yang menumpuk. Padahal ruas jalan tersebut berada di tengah Kota Pekanbaru.

 

Satu warga, Ferizal menyayangkan ruas jalan tersebut dijadikan lokasi pembuangan sampah sementara. Ia mengatakan, masyarakat merasakan dampak langsung, seperti banyaknya lalat dan got tersumbat.

 

"Makin banyak sampah yang dibuang di sini, meluber hingga jalan menyempit juga. Karena yang buang sampah bukan cuma masyarakat sekitar," terangnya kepada riauonline.co.id, Kamis Februari 2022.

 

Ia menyebut, sebelumnya ada bak sampah yang menampung sampah di sana. Namun bak sampah tersebut dihancurkan oleh persetujuan pihak dinas, camat dan lurah di sana.


 

"Dulu ada bak sampah ukuran 4x7 meter, tapi sudah dihancurkan. Karena lokasi tersebut sekarang milik pengembang mal," ujar Warga Kelurahan Koto Tinggi, Kecamatan Pekanbaru Kota.

 

 

Ferizal mengaku belum ada upaya dari RT RW dan lurah setempat untuk mengatasi masalah sampah tersebut. Padahal, lokasi ruas jalan itu berada dekat dengan pusat perbelanjaan, hotel dan tempat hiburan.

 

"Kita (masyarakat) sudah tanya ke RT dan RW, katanya sedang dibahas. Lurah juga belum menanggapi. Kita berharap ada solusi, karena tak layak di sana jadi TPS," terangnya.