Warga Diimbau Tidak Panik Omicron, Zaini: Asal Tetap Prokes

zaini-rizaldy8.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru meminta masyarakat tidak perlu panik dengan beredarnya kasus varian Omicron masuk ke Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih mengimbau masyarakat untuk tidak lalai dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Pandemi ini kan belum berakhir karena kasus Covid-19 masih ada. Asal tetap menjaga protokol kesehatannya dengan baik. Semua bisa dicegah,” terangnya, Senin 31 Januari 2022.

Ia mengatakan, virus Omicron tidak mematikan seperti varian virus Delta. Meskipun begitu, masyarakat diingatkan agar melakukan tes PCR bila merasakan gejala demam, batuk dan pilek.


“Omicron sama seperti virus yang lain untuk gejalanya, tapi yang lebih dominan itu pilek. Namun kita tak bisa menetapkan hanya sebatas gejala saja, tentunya harus dibarengi dengan pemeriksaan PCR karena gejalanya umum seperti yang lain,” jelasnya.

Zaini juga mendorong agar masyarakat Pekanbaru sudah mendapatkan vaksinasi agar terhindar dari virus Covid-19. Vaksiansi ini bagi para lansia dan anak-anak.

“Beberapa hari ini kasus Covid-19 cenderung naik. Walaupun belum ada satupun yang ditetapkan sebagai kasus terkonfirmasi virus Omricon karena yang bisa memastikan itu Litbangkes,” pungkasnya.