Pasien Omicron Diprediksi "Meledak" di Februari, Wawako Minta Satgas Bersiaga

Ayat-Cahyadi18.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, meminta Dinas Kesehatan (Diskes) dan Satgas Covid-19 untuk siaga antisipasi penyebaran virus Corona varian Omicron.

 

Ayat mengatakan bahwa prediksi dari epidemiologi penyebaran Covid-19 varian Omicron akan memuncak pada Februari hingga Maret mendatang. Untuk itu, pemerintah kota harus siap mengantisipasinya.

 

"Akhir pekan lalu kita rapat dengan gubernur, berkoordinasi dengan Forkopimda. Semua arahan pak gubernur dan Forkopimda itu sudah saya perintahkan kepada Kadiskes dan Satgas Covid-19 kota yakni BPBD untuk selalu siap mengantisipasi," ujar Ayat, Senin 31 Januari 2022.

 

 

Meski diprediksi akan memuncak pada Februari mendatang, pihaknya akan berupaya agar penyebaran virus varian baru tersebut dapat diputus.

 

"Walaupun prediksi dari epidemiologi perkiraan Februari, dan tinggal beberapa hari lagi, mudah-mudahan tidak terjadi," harapnya.

 

Sebelumnya diberitakan bahwa satu warga Pekanbaru terkonfirmasi Omicron. Meski kasusnya masih probable, namun tim medis tengah menanti hasil pemeriksaan laboratorium lanjutan.

 


 

Warga Pekanbaru diduga terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron usai pulang dari perjalanan umrah. Pria inisial E juga dikabarkan sempat berkunjung ke Batam.

 

Dirinya dikabarkan terkonfirmasi Covid-19 dari hasil pemeriksaan laboratorium di Batam, Sabtu 29 Januari 2022. Namun saat ini hasil swab PCR E diperiksa di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad. Sampel tersebut juga diperiksa di Litbangkes Kemenkes RI.